Mourinho Punya Banyak Kesamaan Dengan Ferguson

jose mourinho

Eks bek sekaligus kapten Manchester United Gary Neville menyebut ada sejumlah hal yang jadi keesamaan basar antara Jose Mourinho dan Sir Alex Ferguson.

Sebelum resmi pensiun empat tahun silam, Fergie melewati karier bergelimang gelar di Old Trafford dengan meraih 38 piala dalam rentang waktu 27 tahun, termasuk 13 titel juara Premier League dan dua trofi Liga Champions.

Karier kepelatihan Mou sejauh ini pun sarat gelar, di antaranya delapan trofi liga di Portugal, Inggris, Italia, dan Spanyol, serta dua trofi Liga Champions.

The Special One mulai membesut Setan Merah pada musim panas lalu, usai periode Louis van Gaal dan David Moyes setelah pensiunnya Ferguson. Neville melihat Mourinho pun memiliki kemiripan dengan Fergie.

“Kemenangan, keberhasilan, dan fokus total untuk meraih kemenangan bagaimana dengan berbagai cara, itulah kemiripan terbesar antara Mourinho dan Ferguson,” kata Neville kepada Omnisport yang dikutip Soccerway.

Datang ke Old Trafford, MU membawa sejumlah bintang seperti Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, Henrikh Mkhitaryan, dan Eric Bailly dalam upaya memoles permainan tim, secara khususnya di lini depan.

United era Mourinho pun kini paling tidak telah memenangi Community Shield dan Piala Liga Inggris. Catatan tak terkalahkan sepanjang 17 laga juga tengah dirangkai di Premier League, walau mereka masih tertahan di posisi enam.

“Banyak pertanyaan yang harus mereka jawab, namun mereka telah lebih baik dalam konteks cara bermain dan profil pemain-pemainnya pun lebih oke. Mereka sudah merengkuh gelar yang merupakan hal positif,” ucap Neville.

“Saya rasa yang cuma perlu dilalui Mourinho ialah butuh lebih dari satu atau dua bursa transfer untuk membuat situasi menjadi lebih baik. Dalam 2-3 tahun terakhir, klub ini telah memiliki banyak pemain yang mungkin profil kurang sesuai harapan Mourinho atau MU.

“Yang bisa saya bilang ialah bila kedatangan Pogba, Ibrahimovic, Mkhitaryan, dan Bailly sudah membuat United dalam situasi lebih baik daripada satu tahun lalu. Saya pernah mendengar United takkan lagi bisa menarik pemain top-top, atau pemain terbaik dunia, namun faktanya tidak begitu. Mereka ada dalam posisi lebih baik.