Monaco Tim Paling Untung di Musim Panas

as monacoAS Monaco ditinggal banyak pilar pentingnya di jendela transfer musim panas 2017. Sebagai ganjaran, mereka pun menjadi klub dengan untung paling tinggi pada pertengahan tahun 2017 ini.

Monaco menciptakan kejutan musim lalu ketika sukses meraih trofi juara Ligue 1 dan lolos sampai babak semifinal Liga Champions. Mereka meraih pprestasi tersebut dengan diperkuat para anggota muda.

Pada musim panas kali ini mereka bak sebuah ‘toko’ bagi para klub-klub Eropa yang memiliki banyak uang. Pemain-pemain macam Kylian Mbappe, Tiemoue Bakayoko, Bernardo Silva, sampai Benjamin Mendy terjual dengan banderol sangat tinggi.

Dicatatkan oleh CIES Football Observatory, Monaco menerima pemasukan senilai 394 juta euro dari penjualan pemain pada musim panas ini. Di lain sisi mereka hanya keluar uang 105 juta euro guna mendatangkan pemain baru, seperti Keita Balde, Stevan Jovetic, hingga Terence Kongolo. Ini berarti mereka menerima untung sampai 289 juta euro.

Borussia berada di posisi kedua yang mendapatkan pemasukan 199 juta euro. Angka terbesar mereka terima dari hasil pelepasan Ousmane Dembele yang konon menyentuh angka 105 juta euro.

Mereka juga memburu pemain lain pada musim panas yang hanya memakan dana sebesar 89 juta euro. Bila dikalkulasi, raksasa Bundesliga Jerman tersebut dapat untung 110 juta euro di bursa transfer kali ini.

Kemudian Lyon menyusul di posisi tiga dengan pemasukan 129 juta euro usai melego bintang sekaliber Alexandre Lacazette ke Arsenal dan Corentin Tolisso ke Bayern Munich. Sementara itu, biaya belanja raksasa Prancis itu hanya menghabiskan 57 juta euro, sehingga mereka meraup keuntungan 72 juta euro.

Real Madrid menempati peringkat empat yang meraup keuntungan sebesar 47 juta euro. Mereka dapat pemasukan 139 juta euro yang keluar lagi senilai 92 juta euro.

Dan pelengkap lima besar ialah dua klub asal Italia, yakni Fiorentina dan Sampdoria. Mereka dapat untung 42 juta euro.