Messi Sabet Penghargaan Sepatu Emas Eropa

Lionel MessiSetelah mengantarkan timnya meraih Copa del Rey, penyerang andalan Barcelona, Lionel Messi memastikan mengakhiri musim 2016/2017 dengan menyabet penghargaan lain di level individu. Messi sudah dipastikan meraih gelar topskorer kompetisi Eropa musim ini.

Messi tercatat mencetak 37 gol di sepanjang kompetisi La Liga 2016/2017. Jumlah gol tersebut mengatarkan penyerang tim nasional Argentina ini mengumpulkan nilai tertinggi (74 poin) dalam perebutan Sepatu Emas Eropa.

Dengan poin tersebut Messi sudah pasti tidak bisa dikejar oleh pemain-pemain lain di seluruh penjuru Eropa. Pemain terakhir yang punya kesempatan mengejar Messi adalah Edin Dzeko, namun dia harus mencetak 10 gol di laga terakhir AS Roma.

Dzeko berhasil mencetak gol malam tadi, namun hanya satu saat mengantarkan Il Giallorossi mengalahkan Genoa dengan skor 3 – 2. Dzeko pada akhirnya mengumpulkan 58 poin.

Di klasemen Sepatu Emas Eropa, Messi ditempel ketat oleh penyerang Sporting Lisbon, Bas Dost yang mengumpulkan 68 poin. Kemudian di tempat ketiga ada nama penyerang andalan Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang yang mengumpulkan 62 poin dari hasil 31 gol. Di posisi empat dan lima ada stiker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski (60 poin) dan penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane (58 poin).

Dengan memenangkan Sepatu Emas Eropa musim ini, berarti Lionel Messi sudah berhasil meraih empat penghargaan serupa, yang membuat dia kini mencatatkan prestasi yang sama dengan sang rival, Cristiano Ronaldo. Penyerang berusia 29 tahun sebelumnya memenangi penghargaan yang sama di 2010, 2012, dan 2013.

Metode perhitungan poin klasemen Sepatu Emas Eropa tidak sama di setiap liga di Eropa. Premier League, La Liga, Bundesliga, Serie A dan Premiera Liga yang persaingannya dinilai paling ketat, nilainya dikali 2 (contoh: Messi 37 gol 74 poin). Sementara di luar itu nilainya dikali 1,5 (contoh: Cavani 35 gol 52,5 poin).

Tahun lalu yang menyabet penghargaan ini adalah Luis Suarez setelah dia mencetak 40 gol di La Liga. Semenjak Cristiano Ronaldo menyabet Sepatu Emas Eropa kala bermain bersama Manchester United di 2007/2008, penghargaan Sepatu Emas Eropa selalu didapat pemain yang bermain di La Liga.

Klasemen Sepatu Emas Eropa
Lionel Messi (Barcelona) 74 poin
Bas Dost (Sporting Lisbon) 68 poin
Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund) 62 poin
Robert Lewandowski (Bayern Munich) 60 poin
Harry Kane (Tottenham Hotspur) 58 poin
Edin Dzeko (AS Roma) 58 poin
Luis Suarez (Barcelona) 58 poin
Dries Mertens (Napoli) 56 poin
Edinson Cavani (Paris Saint-Germain) 52.5 poin
Andrea Belotti (Torino) 52 poin
Romelu Lukaku (Everton) 50 poin
Anthony Modeste (Cologne) 50 poin
Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 50 poin