Messi Berulang Tahun Yang ke-30

Tepat di hari ini, Sabtu (24/6/2017), megabintang di dunia sepakbola Lionel Messi genap berusia 30 tahun. Messi sudah melewati sepak terjang yang sangat gemilang.

Lahir di kota Rosario, Argentina, Messi sudah menunjukkan talentanya sejak dini. Kariernya berawal dengan memperkuat tim junior Newell’s Old Boys ketika usianya masih enam tahun.

Akan tetapi impiannya jadi pemain profesional terancam usai Messi didiagonis mengalami gangguan hormon pertumbuhan di usia 10 tahun. Akan tetapi hal itu malah memjadi berkah tersendiri untuknya.

Setelah bermukim di Barcelona, La Pulga lantas bergabung dengan akademi La Masia sebelum dipromosikan ke tim inti Los Cules 2004 yang menghasilkan sejarah sampai saat ini.

Tinggi badannya memang tidak lebih dari 1,7, namun hal itu membuat Messi jadi leluasa bergerak melewati para pemain lawan. Semenjak melakoni debut bersama Azulgrana pada Oktober 2004, Messi telah mendulang total 510 gol dan 231 assist hanya dari 585 laga di berbagai ajang.

Kehadiran Messi juga lah menjadikan Barca menguasai Eropa selama beberapa waktu. Hingga detik ini Messi membawa Barcelona memenangi delapan gelar La Liga, lima Copa del Rey, dan empat Liga Champions, khususnya dua kali treble tahun 2009 dan 2015 serta beberapa gelar minor lain.

Di kancah internasional, Messi mengumpulkan 117 penampilan dan menyumbang 58 gol dan 42 assist untuk Argentina. Dia mengantarkan Tim Tango mencapai babak final di Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015 dan 2016.

Atas performanya yang luar biasa, Messi selalu masuk di jajaran terbaik sejagat dalam satu dekade belakangan dan sukses menyegel lima penghargaan Ballon d’Or!

Berbagai torehan Messi di Barca maupun Argentina di atas masih belum dihitung oleh sejumlah rekor yang telah dia pecahkan, yang hampir tidak mungkin disebutkan satu per satu.

Selamat ulang tahun yang ke-30 Lionel Messi!