Masih Punya Messi, Barca Harus Tetap Tenang

Lionel MessiBarcelona dinilai sedang menjalani periode yang suram setelah ditinggalkan Neymar ke Paris Saint-Germain dan gagal memboyong Philippe Coutinho dari Liverpool. Orang mungkin lupa jika Los Cules masih punya Lionel Messi.

Musim panas 2017 dilalui suporter Barca dengan beberapa kekecewaan. Aktivitas Los Azulgrana di bursa transfer merupakan alasan kekecewaan tersebut. Mereka ditinggal Neymar ke PSG dan tidak berhasil mendatangkan Coutinho dari Liverpool.

Memang ada Ousmane Dembele yang berhasil dibeli dari Borussia Dortmund. Tapi banyak yang menilai jika squad Barca yang ada saat ini secara keseluruhan masih kalah bagus jika dibandingkan dengan squad milik Zinedine Zidane di Real Madrid.

Dua kekalahan di Piala Super Spanyol dari Real Madrid membuat suporter Barca semakin resah. Los Cules sepertinya akan masuk ke periode menurun. Tidak sedikit pula para fans menuntut agar Josep Maria Bartomeu mundur dari jabatannya sebagai Presiden Barca

Tapi tidak banyak yang berubah dari permainan Barca. Tiga kemenangan berturut-turut dibuat di La Liga sekaligus mencatatkan cleansheet membuat kondisi Barca terlihat masih kuat seperti biasanya. Lionel Messi masih memegang peran besar dalam hal itu.

Messi mencetak hat-trick di kemenangan Barca atas Espanyol dengan skor 5 – 0 dalam pertandingan akhir pekan lalu. Secara keseluruhan, sudah lima gol yang dia tercetak dari kakinya dari tiga pertandingan pertama La Liga musim 2017/2018.

Gol pertama Messi jadi perbicangan karena dinilai berada dalam posisi offside, sementara gol kedua dia lesakkan setelah memperoleh umpan assist yang memantul. Namun pada gol ketiga, Lionel Messi menunjukkan bahwa dia masih layak jadi andalan Barca.

Manajer Blaugrana, Ernesto Valverde memasang Messi sebagai pemain nomor 9 dalam pertandingan Barca dalam kompetisi domestik. Sejauh ini rencana tersebut membuahkan hasil positif. Los Cules berhasil mencetak sembilan gol dan selalu cleansheet.

“Lionel Messi? Bermain bersama dia berarti Anda sedang bermain bersama dengan pemain terbaik dunia. Leo terus memperlihatkan kalau dia masih bisa bermain di level teratas untuk beberapa tahun ke depan,” sanjung rekan Messi di Barca, Luis Suarez.

Aktivitas transfer Barcelona di bursa transfer musim panas kali ini boleh dibilang sangat mengecewakan. Tapi selama ada Lionel Messi yang memperkuat panjiLos Cules, sangat banyak trofi yang bisa dimenangkan oleh Barca di akhir musim nanti.