Mantan Pelatih Eintracht Frankfurt Resmi Menjadi Manajer Director FC Koln

Armin Veh, FC koln, Jorg Schmadtke
Armin Veh FC koln

 

Belum lama ini, FC Koln resmi menunjuk Armin Veh sebagai managing director yang baru, yang akan mengisi ruang kekosongan yang ditinggalkan kepergian Jorg Schmadtke di bulan Oktober lalu. Hal ini diungkapkan oleh situs resmi klub yang membuatnya akan berada di RheinEnergieStadion hingga musim panas 2020 mendatang,

Schmadtke meninggalkan Koln dengan persetujuan bersama pada tanggal 24 Oktober lalu, menyusul kegagalan mereka dalam menjalani kampanye musim ini. pasalnya mereka tak pernah mencicipi satu kali kemenangan di kompetisi Bundesliga. Bahkan saat itu mereka hanya mendapatkan dua poin hasil permainan imbang menghadapi Hannover dan Werder Bremen.

Bahkan hingga kini, Klub tersebut belum juga meraih kemenangan setelah 14 pertandingan, dan mereka akhirnya berpisah dengan Peter Stoger sebagai pelatih pada hari Minggu lalu setelah bermain imbang lagi degnan skor 2-2 di Schalke sehari sebelumnya. Akhirinya pelatih U-19 mereka yaitu Stefan Ruthenbeck, ditunjuk sampai musim dingin tiba.

 

Veh sendiri sebenarnya tidak pernah menjadi pemain Koln ataupun menjadi pelatih Koln. Namun Ia pernah lama berkecimpung di persepakbolaan Jerman, menjadi pemain gelandang Borussia Monchengladbach dan FC Augsburg. Ia pun juga sempat melatih beberapa klub di Jerman seperti Augsburg, Stuttgart, Wolfburg, Hamburger SV dan juga Eintracht Frankfurt.

Ia pun sempat membawa Suttgart meraih gelar juara Bundesliga pertama kalinya dalam 15 tahun belakangan. Dan ini membuat Koln mempercayai jabatan tersebut kepada Veh.

“Saya melihat ini sebagai tantangan dan peluang besar untuk membuat sesuatu terjadi di klub sepak bola tradisional yang menakjubkan ini,” kata Veh, yang sempat memiliki peran ganda sebagai pelatih dan managing director di Wolfsburg pada 2009-10.

 

“Kami telah menemukan seorang pria untuk posisi yang memenuhi kriteria kami dengan sempurna,” kata presiden Cologne Werner Spinner. “Dia telah sukses besar dan membawa banyak pengalaman dengannya, juga dalam situasi krisis.”

 

Baik Schmadtke dan Stoger bergabung dengan Cologne pada tahun 2013 dan mengawasi promosi sampingannya ke Bundesliga sebagai juara divisi dua di musim pertama mereka. Mereka mengawasi kemajuan yang mantap di setiap musim berikutnya di Bundesliga, yang berpuncak pada posisi kelima dan kualifikasi Liga Europa musim lalu.

 

Namun, cedera, nasib buruk dan keputusan buruk semuanya memiliki efek musim ini. Sebelas kerugian dalam 14 pertandingan meninggalkan Cologne terakhir dengan tiga poin.