Manajer-manajer Yang Mungkin Menggantikan Zidane di Real Madrid

Zinedine ZidaneEntah masalah apa yang sedang dialami oleh Real Madrid. Sang juara bertahan La Liga dan Liga Champions itu sedang menjalani musim yang kurang bagus. Kekalahan berturut-turut atas Girona dan Tottenham Hotpsur pada pekan lalu membuat posisi Zinedine Zidane sedang berada dalam tekanan. Hal itu juga membuat Los Galacticos tertinggal lumayan jauh dari Barcelona dalam perburuan gelar La Liga musim ini.

Kemenangan yang diraih Real Madrid atas Las Palmas memang bisa membuat Zidane bernafas lega. Namun, posisi pelatih berkebangsaan Prancis itu tentu tidak aman apabila El Real kembali meraih hasil buruk. Zidane berpotensi dipecat apabila tak kunjung membawa perubahan positif dalam waktu dekat di Santiago Bernabeu. Apabila pria Prancis itu didepak sudah ada beberapa pelatih yang bisa menggantikannya.

Berikut ini 5 manajer yang mungkin akan menggantikan posisi Zinedine Zidane di Real Madrid:

Carlo Ancelotti
Carlo Ancelotti
Bayern Munchen merasa kurang cocok dengan gaya kepemimpinan Carlo Ancelotti namun manajer asal Italia itu pernah meraih kesuksesan besar bersama Real Madrid dua tahun silam. Meski pernah dipecat Florentino Perez, bukan tidak mungkin Carlo Ancelotti akan kembali ke Santiago Bernabeu.

Ancelotti mungkin juga senang kembali ke klub dimana dia merasa sangat dihargai dan punya sumber daya yang besar dan peluang untuk menantang gelar. Namun, kontrak Ancelotti dengan Bayern secara teknis masih aktif sampai akhir musim sehingga Madrid harus memberikan kompensasi.

Jika Ancelotti kembali ke Spanyol, dia tentu ingin memperoleh jaminan perlakuan yang lebih baik setelah dipecat dengan tidak adil di akhir musim 2014/2015. Mantan manajer Paris Saint-Germain dan AC Milan tentu saja ingin menambah trofi La Liga ke dalam koleksi trofinya.

Leonardo Jardim

Leonardo Jardim pantas mendapat kredit atas prestasi yang dia torehkan bersama AS Monaco. Manajer berkebangsaan Portugal itu mampu mengantarkan klub Prancis jadi juara Ligue 1 dan mengganggu dominasi Paris Saint-Germain yang berkuasa selama beberapa musim terakhir. Selain itu, AS Monaco juga dibawanya menembus semifinal Liga Champions pada musim lalu.

Jardim berhasil memoles tim yang diisi oleh pemain muda sehingga mampu bersaing di Eropa. Dia berhasil melakukan itu selama tiga musim dan Monaco tidak mudah disingkirkan di Liga Champions. Reputasi Leonardo Jardim semakin meningkat dan ia dinilai sudah layak menangani tim yang lebih besar. Real Madrid bisa memberi Jardim kesempatan mengingat klub Spanyol tersebut punya banyak talenta muda berbakat.

Laurent Blanc

Mantan pelatih Paris Saint-Germain ini dipecat bukan karena gagal memberikan prestasi, namun karena peringgi klub hanya menginginkan perubahan dan kemajuan di Liga Champions. Blanc gagal memberikan trofi Eropa walaupun PSG jadi penguasa pentas domestik selama beberapa musim.

Blanc berhasil memenangkan Ligue 1 tiga kali berturut-turut dengan PSG dan juga menyabet enam piala domestik. Kesuksesan tersebut juga tidak terlepas dari banyaknya dana yang digelontorkan oleh pemilik klub. Pelatih berkebagsaan Prancis ini mampu memimpin PSG yang notabene dipenuhi oleh pemain bintang. Dengan gaya Galacticos di Real Madrid, Blanc diyakini bisa sukses di Santiago Bernabeu.

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri merupakan salah satu manajer paling sukses di Juventus. Allegri sudah meraih tiga gelar Serie A bersama La Vecchia Signora dan sebelumnya pernah meraih prestasi serupa satu kali bersama AC Milan. Allegri pernah mengantarkan Juventus melaju ke babak final Liga Champions dua kali walaupun selalu gagal membawa pulang juara.

Berkat semua prestasinya tersebut, Allegri kini disebut-sebut sebagai salah satu manajer terbaik di Eropa.
Allegri mungkin saja butuh tantangan baru setelah jadi penguasa Serie A. Real Madrid bisa memberikan tawaran yang menarik kepada Allegri untuk menjadi pengganti Zinedine Zidane sebagai manajer.

Mauricio Pochettino
Mauricio Pochettino
Sebelum posisi Zinedine Zidane sedang berada dalam tekanan, ada rumor yang beredar kalau presiden Real Madrid Florentino Perez mulai melirik manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino. Pria berkebangsaan Argentina tersebut cukup sukses di White Hart Lane sejak direkrut di awal musim 2014, dan telah mengubah The Lilywhites menjadi tim penantang gelar di Premier League

Pochettino sendiri tidak menunjukkan tanda-tanda ingin hengkang dari klub London Utara tesrebut dalam waktu dekat. Namun, kesempatan untuk menjadi juru taktik klub sebesar Real Madrid mungkin saja akan sulit ditolak oleh pria berusia 45 tahun tersebut.