Malam Kelam Bagi Ronaldo

Cristiano RonaldoEl Clasico jilid kedua musim ini tidak berakhir manis untuk penyerang andalan Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Sudah timnya kalah, dia juga dinilai tampil sangat buruk.

Ronaldo melempem saat Madrid menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu, Senin (24 April 2017) dinihari WIB. Hal itu berbanding terbalik dengan Lionel Messi, yang mencetak dua gol dan tampil sebagai pahlawan kemenangan Los Cules atas Los Galacticos dengan skor 3 – 2.

Sebuah performa yang berbalik terbalik tentunya ketika tengah pekan lalu, Ronaldo tampil luar biasa dengan mencetak hat-trick ke gawang Bayern Muenchen yang membuat timnya mendapatkan satu tiket ke babak semifinal Liga Champions.

Apalagi Barca datang ke Bernabeu tanpa kekuatan penuh karena Neymar harus absen karena menjalani skorsing sebanyak tiga pertandingan. Sudah sepatutnya Ronaldo bisa berbuat banyak untuk mengantarkan timnya meraih kemenangan namun yang terjadi malah sebaliknya.

Penyerang tim nasional Portugal itu tidak hanya melempem di depan gawang Barca. Dia tercatat sebagai pemain El Real dengan jumlah umpan paling sedikit walaupun bermain sebagai starter selama 90 menit.

Menurut catatan yang dirilis oleh Squawka, mantan pemain Manchester United itu hanya mencetak 17 umpan sepanjang 90 menit! Jumlah akurasi umpan Ronaldo itu bahkan kalah jauh dibandingkan kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen, yang melepaskan 22 umpan.

Selain itu, Ronaldo lebih banyak beroperasi di wilayah lawan dan cenderung mendapat kawalan ketat. Saking ketatnya, dia sama sekali tidak melepaskan dribel sukses, artinya tidak ada satupun pemain Barca yang mampu dilewatinya.

Dari total delapan percobaan yang dilepaskan oleh Ronaldo, hanya tiga percobaan yang mengarah tepat ke gawang dan itu relatif tidak merepotkan Ter Stegen. Beban Ronaldo semakin berat karena Madrid harus kehilangan Gareth Bale yang cedera di menit ke-39.

Dengan kemungkinan Bale akan absen lama, maka Ronaldo harus segera bangkit untuk membawa Madrid kembali merebut puncak klasemen dari Barca. Saat ini, raksasa Catalan itu ada di puncak klasemen dengan poin yang sama (75 poin) namun unggul secara head to head.