Madrid Berduka, Raymond Kopa Tutup Usia

Pecinta sepakbola Real Madrid terlebih khusus kepada publik Prancis nampak sedang dilanda kesedihan mendalam ketika salah satu legenda sepakbola mereka, Raymond Kopa dinyatakan tutup usia di usia 85 tahun pada hari Jumat kemarin.

Dalam catatan manis nya, Kopa merupakan salah satu pemain Prancis pertama yang meraih banyak gelar bergengsi termasuk pemain terbaik dunia Ballon d’Or pada musim 1958 lalu. Dan yang paling fenomenal adalah ketika nama nya tercatat sebagai sosok penting dalam kesuksesan Madrid dalam menjuarai gelaran Liga Champions secara tiga kali beruntun pada tahun 1957 hingga 1959.

Catatan lain adalah karir bermain Kopa yang dimulai bersama Angers sebagai imigran dari Polandia, sebelum bergabung dengan Reims, di mana dia membawa klubnya melaju ke final edisi pertama Piala Champions melawan Real Madrid pada 1956.

Performa apik nya sepanjang laga telah menarik perhatian Madrid yang kemudian dijadikan sebagai pemain gelandang tengah utama EL Real dalam setiap pertandngan. Dan terbukti jika pembelian Madrid itu terbilang tepat, dimana Kopa berhasil membawa Los Blancos menuju ke Final Liga Champions serta menjuarai gelaran Piala Dunia AntarKlub.

Dan ketika kepergian Kopa itu terdengar, pihak EL Real pun langsung melakukan proses mengheningkat cipta ketika Madrid melawan Eibar akhir pekan kemarin. Sebelumnya proses yang sama juga telah dilakukan oleh mereka ketika berlatih di Valdebebas yang merupakan markas latihan utama Madrid di Spanyol.

Yang menariknya adalah ketika kopa menyempatkan hadir dalam acara seremonial penyerahan gelar individu Ballon d’Or keempat untuk Ronaldo. Acara yang digelar di Santiago Bernabeu itu menghadirkan Kopa sebagai tamu spesial dengan dilengkapi kemenangan besar Madrid atas Granada awal bulan Januari kemarin.

Kini Madrid tengah bersiap melawan Napoli dalam lanjutan leg kedua babak 16 besar Liga Champions tengah pekan ini, kemenangan menjadi target untuk Madrid dalam mengenang jasa Kopa semasa karir nya di liga Champions.

Salam damai dan tenang untuk Kopa!