Lulusan La Masia Ini ‘Dibuang’ Barca Dan Bersinar Di Klub Lain

Mauro IcardiBarcelona merupakan salah satu klub top dengan akademi sepakbolanya mudanya bernama La Masia. Lulusan dari akademi ini disebut berhasil menggetarkan dunia dan menjadi pemasok pemain bintang untuk Barca Azulgrana.

Barcelona memang harus berterima kasih kepada Johan Cruyff. Sebab, dialah yang merumuskan ide untuk akademi Azulgrana. Sejumlah pesepak bola hebat lahir dari La Masia. Sebut saja Lionel Messi, Xavi Hernadez, Andres Iniesta, serta Sergio Busquets yang kini jadi pemain pilar Los Cules Barca.

Namun, tidak jarang pula Barca justru melewatkan beberapa produk aslinya. Mereka secara tak sadar acap ‘membuang’ pemain potensialnya ke klub lain dan si pemain justru jadi bintang bersama klub-klub mereka.

Mikel Arteta
Mikel Arteta bergabung dengan La Masia di usia 15 tahun. Meski bertalenta, dia tidak pernah mendapat kesempatan main di tim utama dan sempat dipinjamkan ke Paris Saint-Germain di tahun 2000 silam.

Arteta kemudian pindah Glasgow Rangers dengan kesepakatan enam juta poundsterling. Dia kembali ke Spanyol untuk gabung bersama Real Sociedad dan terbilang berhasil dalam dua tahun di sana.

Arteta kemudian direkrut oleh Everton dan berhasil membantu tim finis di urutan keempat klasemen 2004 dan dapat dikotrak secara permanen di awal musim 2005. Musim 2005/2006 menjadi musim terbaik dalam kariernya ketika dia meraih penghargaan pemain terbaik Everton.

Pepe Reina
Pepe Reina bergabung dengan La Masia saat masih berusia enam tahun. Reina membuat debut La Liga pada musim 2000/2001, ketika 18 tahun. Ketika Barcelona merekrut kiper Jerman, Robert Enke di musim panas 2002, dia akhirnya dilepas.

Pepe Reina kemudian bergabung dengan Villarreal pada bulan Juli 2002 dan tampil 136 kali dalam tiga tahun. Kiper berkebangsaan Spanyol ini membantu mereka ke semifinal Piala UEFA pada 2004 dan tempat ketiga di La Liga pada 2004/2005. Di awal musim 2005/2006 dia direkrut oleh Liverpool dan menjadi pilihan pertama The Reds selama delapan tahun

Hector Bellerin
Hector Bellerin mengawali karier sepak bolanya di akademi Barcelona ketika masih berusia 8 tahun. Setelah 8 tahun memperkuat klub raksasa Spanyol tersebut, Bellerin pindah ke Arsenal pada 2011.

Pilihannya ke Inggris ternyata terbukti jitu. Pada usia 19 tahun, bek asa Spanyol tersebut menjadi pemain reguler di Arsenal. Dia saat ini adalah salah satu bek kanan terbaik di Liga Inggris dan memperoleh tawaran untuk pindah ke klub papan atas Eropa, termasuk Barcelona.

Mauro Icardi
Mauro Icardi saat ini merupakan salah satu striker papan atas di dunia sepak bola. Kapten Inter Milan saat ini pernah menolak tawaran dari klub top Eropa seperti Liverpool, Arsenal, dan Real Madrid untuk bergabung dengan Barcelona 2008 lalu ketika usianya waktu itu masih 15 tahun.

Cesc Fabregas
Cesc Fabregas merupakan siswa di akademi La Masia sejak berusia 10 tahun. Meskipun penampilannya brilian di La Masia, Fabregas tidak berhasil mendapatkan kesempatan untuk bermain untuk tim utama Camp Nou.

Setelah 6 tahun memperkuat Barca, Fabregas pindah ke Arsenal pada 2003. Dia memaksimalkan waktnya Inggris dan menjadi tim reguler pertama pada usia 17 tahun. Dia menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia dan membuat Barca membawanya kembali.