Korea Selatan Masuk Piala Dunia 2018

Korea Selatan pastikan diri masuk ke babak final Piala Dunia 2018. Tim yang dijuluiki sebagai Taeguk Warriors tersebut berhasil lolos usai akhiri laga dengan skor imbang 0-0 melawan Uzbekistan.

Hasil seri ini bikin Korsel menempati urutan kedua klasemen akhir Grup A dengan catatkan 15 poin lewat 10 pertandingan. Korsel ada di bawah Iran (22 poin), yang telah pastikan diri lolos sedari bulan Juni kemarin.

Korsel jadi negara Asia ketiga yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2018. Mereka mengejar Iran dan Jepang yang lebih awal berhasil lolos.

Untuk Uzbekistan, hasil ini telah mengubur harapan mereka untuk lolos ke babak final Piala Dunia. Mereka berada di urutan 4 Grup A dengan mengumpulkan 13 poin.

Sedangkan Suriah yang ada di urutan 3 dengan jumlah poin serupa bakal langsungkan babak play-off menghadapi tim urutan 3 Grup B. Pemenang dari play-off itu berikutnya bakal berhadapan dengan wakil dari zona Amerika Utara dan Tengah untuk raih posisi di babak final.

Pada lanjutan babak ke 3 kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia yang akan berlangsung pada hari Selasa (5/9/2017) di Bunyodkor Stadium, Tashkent, Uzbekistan, kedua tim sama-sama miliki kesempatan yang oke untuk unggul.

Korsel hampir unggul pada menit kedua dengan aksi dari Hwang Hee-chan. Hwang menguasai bola lemparan ke dalam dengan dadanya, kemudian lepaskan sepakkan yang terbentur mistar gawang.

Tuan rumah Uzbekistan pun masih belum beruntung. Azizbek Haydarov memberi ancaman ke gawang Korsel, namun tendangan keras jarak jauhnya hanya terbentur tiang.

Jelang berakhirnya babak pertama, Korsel buang lagi peluang yang ada. Son Heung-min berusaha melesatkan percobaan dari sudut sempit, namun bola cuma terbentur tiang gawang.

Masuk di babak kedua, Korsel miliki kesempatan untuk unggul lewat Lee Keun-ho, Kim Min-woo, Lee Dong-gook, dan Son. Sedangkan Uzbekistan pernah memberi ancam lewati Alexander Geynrikh. Tetapi, tidak satu pun kesempatan tersebut yang jadi cetak angka.