Komitmen Penuh Pique Untuk Timnas Spanyol

gerard piqueGerard Pique menyatakan komitmen penuhnya untuk terus memperkuat tim nasional Spanyol walau beberapa waktu terakhir palang pintu milik Barcelona tersebut sangat aktif mendukung isu referendum kemerdekaan Katalan.

Citra anti Spanyol dalam diri Pique semakin terlihat usai dirinya terang-terangan menegaskan tugas terhadap kemerdekaan Katalan. Tak pelak jika ia menerima cibiran oleh fans ketika melakoni sesi latihan bersama timnas Spanyol pada awal pekan ini. Tidak hanya itu, poster Pique di Camp Nou ikut jadi sasaran vandalisme.

Adanya peluang Katalan jadi negara merdeka membuat Pique diyakini akan menanggalkan kostum kebesaran La Furia Roja untuk membela negara baru tersebut. Akan tetapi Pique langsung menepis rumor tersebut pada sebuah jumpa pers yang sangat emosional, Rabu (4/10).

“Hari pertama ketika latihan itu sulit. Siapa saja tentu tidak suka saat orang-orang memusuhi Anda. Namun hal ini malah jadi tantangan untuk saya,” kata Pique.

“Saya mau membantu tim nasional ini dengan segenap kualitas saya. Semenjak saya bermain di sini 15 tahun lalu, timnas Spanyol seperti keluarga untuk saya. Saya berkomitmen penuh, sebuah kebanggaan memakai jersey Spanyol. Anda tak bisa meragukan komitmen saya.”

“Memang saua sudah memikirkan itu (keluar dari timnas Spanyol). Namun sesudah memikirkan banyak faktor, saya merasa hal ini (terus berkomitmen untuk timnas Spanyol) merupakan keputusan terbaik. Saya tak mau menyerah cuma karena siulan dari orang-orang,” imbuhnya.

Ditanya tentang kemerdekaan Catalunya, Pique terlihat mulai lunak. Ia kini bersikap lebih diplomatis menanggapi isu kontroversial ini.

“Mungkinkah Catalunya harus merdeka? Itu pertanyaan amat sulit dan saya tak mau menjawabnya. Opini saya tak relevan. Spanyol serta Katalan sudah seperti seorang ayah dan seorang anak yang ingin meninggalkan rumah. Maka hal paling penting ialah respek dan dialog,” ucapnya.