Komentar Klopp Tentang Kesempatan Coutinho

Philippe Coutinho lakukan latihan lagi bersama Liverpool usai tampil untuk negaranya. Seperti apa kesempatan Coutinho untuk tampil di pertandingan menghadapi Manchester City pada akhir pekan ini?

Coutinho masih belum satu kali pun bermain bersama Liverpool pada musim ini sebab alami cedera pada bagian punggung dan sakit. Namun, pemain gelandang serang yang berumur 25 tahun tersebut sudah 2 kali jadi pemain pengganti ketika tim nasional Brasil berhadapan dengan Ekuador dan Kolombia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018. Ia malah ciptakan 1 angka ke gawang Ekuador.

Coutinho, dan juga rekannya Roberto Firmino, telah kembali ke Liverpool dan lakukan latihan di Melwood bersama dengan para pemain lain pada hari Kamis (7/9/2017) pagi. Sang manajer Liverpool, Juergen Klopp, mengatakan kalau Coutinho dan Firmino dalam keadaan yang oke.

“Mereka berdua sudah bugar, maka hal tersebut amat oke. Mereka sehat, maka kita saksikan saja nanti,” ujar Klopp pada situs resmi klub.

“Saya tahu apa yang sudah banyak orang pikirkan, namun Phil alami cedera pada bagian punggung di sejumlah pekan kemarin dan pernah tidak dapat ikut latihan. Maka, hal tersebut artinya ia lewatkan sampai 3 pekan,” sambung dia.

Klopp bisa saja tidak akan lekas mainkan Coutinho pada pertandingan besar berhadapan dengan City pada hari Sabtu (9/9/2017) besok di Etihad Stadium.

“Benar, ia bermain untuk tim nasional dan melakukan latihan normal. Namun, saat ini kami perlu persiapkan untuk sebuah musim yang biasa, maka kami miliki 7 laga (sebelum jeda internasional berikutnya) dan kami saksikan latihan pada pagi ini dan berpikir ‘baik, mungkin kami perlu secepatnya turunkan dirinya’ sebab ia amat oke. Namun, hal tersebut tak masuk di akal,” imbuh Klopp.

“Kami saat ini perlu teruskan dengan pramusim, tak amat perlu waktu yang lama, namun dalam sejumlah tahap kami perlu berikan diri kami waktu sebab kami bakal miliki 7 pertandingan di bulan depan,” imbuh dia.

“Kami perlu turus ambil keputusan yang serupa ‘apakah ia perlu lakukan latihan atau bisakah ia ikut tampil?’ dan semacamnya. Benar, ia bakal lebih sering lakukan latihan dibanding para pemain lainnya, namun ia ada dalam mood yang amat ok dan nampak amat impresif,” imbuh sang manajer yang berasal dari Jerman tersebut.