Koeman dan Ranieri Masuk Daftar Pelatih Baru Belanda

Tim nasional Belanda sedang memburu pelatih anyar. Mereka baru saja mendepak Danny Blind yang kinerjanya amat mengecewakan.

Blind tak berhasi membawa Timnas Belanda keluar dari ten buruk sehingga terseok-seok pada kualifikasi Piala Dunia 2018.

Kekalahan 0-2 yang mereka terima di tangan Bulgaria, Minggu (26/3/2017) dinihari WIB, memaksa De Oranje terlempar ke urutan keempat Grup A zona Eropa. Mereka sendiri baru mengumpulkan tujuh poin, atau terpaut enam angka di belakang penguasa klasemen Prancis.

Cuma jawara grup sajalah yang lolos otomatis ke Rusia. Sementara delapan dari sembilan runner-up terbaik dipertemukan lagi lewat play-off.

Dalam situasi terjepir, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) tak punya banyak opsi selain memecat Blind. Mereka tidak ingin menanggung malu usai gagal lolos Piala Eropa 2016. “Kami butuh seorang pelatih yang bisa membuat timnas maju,” kata Direktur KNVB Jean-Paul Decossaux, dikutip NOS.

Berikut daftar pelatih baru timnas Belanda.

1. Louis van Gaal

Pilihan yang masuk akal. Tidak sedikit orang yang meragukan kapasitasnya usai membesut Manchester United. Akan tetapi reputasi Van Gaal di tanah kelahirannya masih kuat. Bahkan dirinya berhasil membawa Belanda finis posisi 3 Piala Dunia 2014.

2. Frank de Boer

Bila mengedepankan proyek jangka panjang, De Boer mungkin adalah pilihan ideal. Apalagi ia sedang menganggur setelah dipecat Inter Milan. Apalagi dia berstatus sebagai kapten timnas Belanda kala masih aktif bermain.

3. Ronald Koeman

Koeman sendiri merupakan calon kuat, tapi banyak orang meragukan apakah Koeman bersedia menerima tawaran KNVB. Pasalnya dia telah beralih ke level klub dan sekarang fokus membangkitkan prestasi Everton sambil mengincar kursi kepelatihan Barcelona.

4. Claudio Ranieri

KNVB tak segan-segan memilih manajer asing, walau kali terakhir timnas Belanda dibesut nahkoda impor terjadi pada 1978. Ialah Ernst Happel asal Austria yang kala itu dipercaya.

Pengalaman Ranieri sendiri juga tak perlu diragukan lagi. Walaupun baru saja dipecat oleh Leicester City, tapi dirinya berhasil membawa tim itu juara Premier League musim lalu.