Klub Harus Berani Mengambil Pemain Non-Liga

John Still memimpin promosi tiga klub
Vardy tampil empat kali untuk timnas Inggris

Sepakbola non-liga di Inggris penuh dengan “permata” yang pantas untuk tampil di liga papan atas – tetapi tidak cukup banyak klub yang berani untuk mengambil kesempatan dengan mereka.

Striker Leicester, Jamie Vardy, 28, adalah pencetak gol terbanyak Liga Premier setelah naik ke liga papan atas meskipun sebelumnya hanya bermain melalui klub non-liga. Dan pelatih bawah piramida sepakbola mengatakan masih ada banyak lagi pemain yang bisa mengikuti jejak Vardy. “Jamie Vardy bukanlah satu-satunya. Tetapi bakat yang ada terlewatkan,” kata manajer Luton Town, John Still. Still, 65, mendapatkan reputasi untuk menemukan pemain berbakat saat dia memimpin tiga klub yang berbeda untuk promosi ke naik Liga Sepakbola.

Dan berbicara sebelum Straight Outta Conference – program khusus BBC Radio 5 live tentang perjalanan dari non-liga ke Liga Premier – mengatakan bahwa meskipun banyak pemain dijemput dari non-liga oleh klub profesional, banyak pemain berbakat yang juga terabaikan. “Ada lebih banyak lagi pemain di luar sana yang layak untuk mendapatkan kesempatan. Kita butuh orang yang bersedia untuk mengambil peluang itu,” tambahnya.

Pemain terbaik Liga Premier bulan Oktober, Vardy tiba di Leicester setelah bekerja keras untuk bisa sampai di liga dengan Stocksbridge Taman Baja, Halifax Kota dan Fleetwood Town. Tapi musim ini ia memimpin sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Premier setelah mencetak gol di sembilan pertandingan berturut-turut. Dia telah tampil empat kali untuk tim nasional Inggris dan diharapkan untuk tampil dalam pertandingan persahabatan mendatang melawan Spanyol dan Perancis.

Steve Walsh, kepala perekrutan pemain di Leicester, mengatakan tentang Vardy: “Dia adalah pemain yang sangat percaya diri sehingga dia benar-benar memasukkan ke dalam kontraknya ketika ia bergabung Leicester untuk sejumlah bonus jika ia menjadi pemain tim nasional Inggris. “Micky Mellon adalah manajernya [di Fleetwood Kota] pada saat itu dan dia berkata Vardy bisa menjadi apa saja yang dia inginkan.”