Klopp Minta Liverpool Fokus Benahi Diri

jurgen klopp

Peluang Liverpool menyudahi kompetisi di empat besar memang terbuka namun semakin menipis. Jurgen Klopp berharap timnya untuk fokus ke depan tanpa melihat poin-poin yang sudah hilang.

Hasil sama kuat 1-1 di kandang Manchester City, Minggu (19/3/2017) malam WIB membuat posisi Liverpool di empat besar semakin terancam. Sekarang ini Adam Lallana cs. masih menempati posisi empat dengan perolehan 56 angka dari 29 pertandingan, namun dalam tekanan.

Manchester United dan Arsenal masih memiliki peluang menggeser Liverpool dari posisi tersebut. Baru tampil sebanyak 27 kali, United dan Arsenal meraih nilai 52 dan 50.

Kondisi tersebut juga diakibatkan oleh menurunnya performa Liverpool sejak memasuki tahun 2017. Dalam 11 laga Premier League, The Reds hanya meraih empat kemenangan dan seri empat kali juga, sisanya kalah.

Klopp menyatakan bila hal palng penting sekarang ialah terus memperbaiki diri dan mengukir tren naik ke depannya, bukan memikirkan angka-angka yang hilang.

“Kami masih berada dalam pertarungan, situasinya seperti itu. Merupakan sebuah pertanda penting bila kami sudah bisa melakukan ini. Kami harus berkembang, di pertandingan semacam ini, kami harus lebih baik dan di pertandingan lain juga begitu,” kata Klopp di situs resmi klub.

“Saya menyadari banyak alasan mengapa kami tak bisa mengikuti persaingan dan seperti yang telah saya katakan, ini proyek jangka panjang. Bila saya bangun setiap pagi dan berpikir, ‘Ya Tuhan, kami kehilangan poin di sana dan di sana’, itu takkan merubah situasinya menjadi lebih baik sehingga saya tak melakukannya.”

“Pada saat ini yang terpenting adalah fokus. Bilapun saya berpikir sesuatu, maka itu tentang masa depan, sisanya dikerjakan dengan analisa-analisia. Semua orang tahu itu, empat angka, lima angka, enam angka itu penting.”

“Kami telah membicarakan tentang seluruh laga, yang mana kami kalah dan semacam itu. Namun bolehkan anda memikirkan tentang poin-poin yang hilang? Tidak,” tambahnya.