Keras Kepalanya Klopp Rugikan Liverpool

jurgen kloppSifat orang yang keras kepala memang sangat menyebalkan. Kepala mereka betul-betul seperti terbuat dari batu. Sosok Jurgen Klopp merupakan contoh yang pas untuk itu.

Bebal, tidak suka diatur, enggan mendengar nasihat orang lain, terkesan semaunya sendiri, dan selalu beranggapan jika dirinya. Menyebalkan, Bukan? Akan tetapi kadang-kadang orang keras kepala juga ada sisi baikya.

Meraih satu keberhasilan kadang-kadang membutuhkan sikap semacam itu karena anda bisa lebih fokus dan terpengaruh oleh suara-suara lain yang sering terdengar sumbang. Target sudah dibuat dan itu harus diraih dengan cara apapun.

Pada Klopp hal itu bisa kita saksikan sendiri. Klopp yang selalu mengagung-agungkan permainan gegenpressing andalannya.

Sepakbola gegenpressing yang membuat nama Klopp melambung tinggi di dunia sepakbola terutama Borussia Dortmund. Karena dialah, Dortmund yang sempat tertatih-tatih mulai bangkit dan jadi salah satu kekuatan di Eropa saat ini. Dua trofi Bundesliga merupakan bukti nyata tangan dingin Klopp.

Namun karena gaya gegenpressing itu juga Klopp sering termakan ulahnya sendiri. Setiap mendapat kebuntunan, tim besutan Klopp, khususnya Liverpool saat ini, tidak memiliki rencana lain. Dia bersikukuh jika gegenpressing favoritnya bisa menuntaskan masalah. Semua masalah.

Tentang sifat kerasnya Klopp, mungkin kita bisa lihat dari komentar pelatih kebugaran kondang kelahiran Belanda, Raymond Verheijen, yang sering mencibir metode kepelatihan Klopp. Metode latihan pelatih Jerman itu dinilai telah membunuh pemainnya sendiri karena porsi latihan yang sangat berat.

Tentu saja apa yang diungkapkan Verheijen soal Klopp bukan komentar sembarangan mengingat dia punya banyak pengalaman di level klub maupun timnas. Dia pernah dipercaya sebagai konsultan klub-klub besar mulai dari Barcelona, Zenit, Chelsea, sampai Manchester City serta jadi anggota staf kepelatihan Guus Hiddink di timnas Belanda, Korea Selatan, dan Rusia.