Kemenangan ke-100 Joachim Loew Bersama Timnas Jerman

Kemenangan yang diraih Jerman atas Kamerun terasa lebih istimewa bagi manajernya, Joachim Loew. Itu merupakan kemenangan ke-100 Loew selama menahkodai skuat tersebut.

Dalam duel ketiga Grup B Piala Konfederasi yang berlangsung di Sochi, Minggu (25/6/2017) malam WIB, Jerman mampu menundukkan Kamerun dengan skor 3-1 melalui lesakkan Timo Werner (dua gol) dan Kerem Demirbay. Kamerun cuma bisa memperkecil kedudukan melalui Vincent Aboubakar.

Tiga angka tambahan tersebut membuat Die Mannschaft berhak maju ke babak semifinal sebagai juara grup memperoleh tujuh poin dari tiga kali bertanding dan bakal menghadapi Meksiko guna memperebutkan tiket final.

Kemenangan kedua Der Panzer dalam turnamen ini kian terasa manis lantaran Loew sudah berhasil menorehkan kemenangan ke-100 semenjak melatih tim ini 11 tahun lalu. Mantan asisten Juergen Klinsmann itu merupakan pelatih Jerman pertama yang meraihnya.

Loew mengungguli pelatih-pelatih kondang lain mulai dari Sepp Herberger, Helmut Schoen, Berti Vogt, sampai Jupp Derwall. Dari 150 pertandingan bersama Jerman, Loew cuma menelan 23 kekalahan dan 27 seri plus total gol sebanyak 364 dan kemasukan 140 gol.

Walau begitu, jumlah pertandingan Loew tak lebih baik daripada Herberger sebagai manajer Jerman dengan jumlah laga terbanyak yakni 167 partai, termasuk ketika mengantarkan negaranya jadi kampiun 1954 silam.

Prestasi terbaik Loew tentu saja ketika mengantarkan Jerman juara dunia 2014 dan runner-up Piala Eropa 2008. Partai perdananya ialah ketika menundukkan Swedia tiga gol tanpa balas sebelas tahun lalu dengan rekor kemenangan terbesar 13-0 melawan San Marino.