Kegagalan Javier Macherano Menciptakan Gol

Javier Macherano

Jika ada penggawa Barcelona yang memiliki peran besar tapi sangat jarang di ekspose, maka dia adalah Javier Macherano. Agar lebih di perhatikan, Mascherano harus bisa menciptakan gol.

Sejak pertama kali Mascherano bergabung dengan Barcelona hingga kini telah lima tahun. Dalam masa itu Mascherano ternyata belum pernah menorehkan angka di papan skor. Tak hanya di La Liga, namun di Liga Champions, Copa del Rey, dan laga-laga lainnya dimana Barcelona pernah mendapat gelar juara.

Jika dilihat dari posisi Mascherano yang menjadi bek (dan kadang kala sebagai gelandang bertahan), hal ini bisa saja dimaklumi. Akan tetapi tidak ada gol sama sekali dari Mascherano merupakan sebuah hal yang tidak wajar mengingat dia berada dalam skuat Barca, yang mana semua pemainnya, kecuali penjaga gawang, pernah dan berhasil menciptakan gol.

Contohnya Gerard Pique yang telah menciptakan tiga gol dalam musim ini. Dan selama lima tahun terakhir dia telah mengumpulkan 23 gol di semua laga. Pique memang 20 cm lebih tinggi daripada Mascherano, namun banyak golnya juga berhasil menggunakan kaki.

Kembali ke Mascherano, di akhir minggu lalu dirinya sudah menjalani laga ke-264 bersama Barcelona. Angka ini membuat dirinya menyamai catatan jumlah penampilan Ronald Koeman. Sebuah prestasi yang tentu saja spesial, tapi pencapaian ini masih dinilai kurang akibat belum ada gol yang berhasil diciptakannya.

Dalam sejumlah kesempatan, Messi sering memberikan jatah penalti pada Neymar. Akan tetapi prosenatase keberhasilan bintang Brasil ini dalam menendang penalti di musim ini hanya 50 persen. Dalam kondisi seperti ini, ada kemungkinan Messi memberi sedikit jatah golnya yang diperoleh dari penalti pada Mascherano.