Kandidat Peraih European Golden Boot

Lionel MessiPenghargaan European Golden Boot (sepatu emas Eropa) selalu didominasi oleh pemain dari La Liga selama beberapa tahun terakhir. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi merupakan dua nama yang paling kerap menyabet penghargaan tersebut.

Ronaldo memang belum mencetak gol di La Liga dari dua laga bersama Real Madrid. Hal tersebut adalah imbas dari hukuman skorsing lima pertandingan yang diterima oleh penyerang asal Portugal itu setelah mendorong wasit di leg kedua Piala Super Spanyol 2017.

Sementara itu, Lionel Messi saat ini menjadi pencetak gol terbanyak di La Liga dengan torehan sembilan golnya. Oleh karena itulah, tidak mengherankan rasanya jika La Pulga kembali kandidat kuat untuk memenangkan penghargaan European Golden Boot Eropa.

Walaupun sudah mencetak banyak gol di awal musim sejauh ini, Messi harus tetap waspada dan terus tampil tajam karena ada beberapa pemain lain yang siap memanaskan persaingan European Golden Boot pada musim ini. Siapa saja mereka?

Ciro Immobile (Lazio – 16 poin)
Ciro Immobile
Ciro Immobile menjalani awal yang bagus pada musim ini setelah berhasil mencetak 8 gol hanya dalam 6 pertandingan sejauh ini. Striker tim nasonal Italia ini bermain sepanjang 540 menit di liga untuk Lazio dan berhasil membawa Biancocelesti ke posisi ke-4 di klasemen Serie A.

Penampilan terbaik Immobile musim ini hadir dalam laga kontra AC Milan. Mantan penyerang Borussia Dortmund mencetak tiga gol ke gawang Leonardo Bonucci dan kawan-kawan. Selain mencetak gol, Immobile juga telah membuat tiga assist gol di Serie A musim ini.

Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund – 16 poin)
pierre-emerick-aubameyang
Pierre-Emerick Aubameyang saat ini mungkin memang masih berada di urutan ke-4 dalam perebutan European Golden Boot, namun Aubameyang merupakan pemain yang paling subur di antara lima liga top Eropa setelah mencetak 13 gol sejauh ini.

Di Bundesliga, Aubameyang mencetak delapan gol dalam enam pertandingan untuk Borussia Dortmund sehingga berhasil mengantarkan Die Borussen memimpin klasemen. Pemain berusia 28 tahun itu menjalani musim terbaik dalam karirnya pada musim lalu setelah mencetak 40 gol dalam 46 penampilan di semua ajang kompetisi.

Lionel Messi (Barcelona – 18 poin)
Lionel Messi
Lionel Messi tidak pernah absen hadir dalam daftar kandidat ini. Penyerang tim nasional Argentina tersebut merupakan juara bertahan setelah memenangkan penghargaan European Golden Boot si musim lalu dengan koleksi ebanyak 37 gol di La Liga.

Lionel Messi mengawali musim ini dengan tampil sangat tajam setelah mencetak sembilan gol dalam enam pertandingan di La Liga. Hal itu membuat Barcelona nyaman menghuni posisi puncak di klasemen sementara La Liga musim ini.

Paulo Dybala (Juventus – 20 poin)
Paulo Dybala
Paulo Dybala tidak pernah mencetak 20 gol di, karena belum pernah mencetak lebih dari 20 gol liga dalam sepanjang karirnya. Namun, sejak dipercaya memakai nomor 10 Juventus, dia sudah mencetak 10 gol dalam enam pertandingan bersama Bianconeri musim ini.

Pemain tim nasional Argentina itu sudah mencetak dua hat-trick pada musim ini, yakni saat melawan Genoa dan Sassuolo. Namun, dua golnya ke gawang Torino dalam derby Derby della Mole akhir pekan lalu dinilai jauh lebih berkesan.

Radamel Falcao (AS Monaco – 22 poin)
Radamel Falcao
Kebangkitan Radamel Falcao mungkin tidak terlalu banyak mendapat perhatian dari publik sepakbola Eropa. Namun, kepergian Kylian Mbappe menuju Paris Saint-Germain membuat pemain berjuluk El Tigre kembali menjadi sorotan di AS Monaco.

Falcao sudah mencetak 11 gol dalam tujuh pertandingan di Ligue One Prancis musim ini. Sekarang, Ligue One punya koefisien pengali 2.0 (bukan 1,5 saat Zlatan Ibrahimovic masih memperkuat PSG) sehingga penyerang tim nasional Kolombia itu punya peluang memenangkan penghargaan European Golden Boo musim ini.