Kaka, pesepakbola dengan gaji termahal di MLS 2017

Asosiasi pemain MLS secara resmi merilis daftar pesepakbola termahal dalam laga kasta tertinggi Amerika Serikat itu di musim 2017 ini. Sebagai pemenangnya adalah Kaka yang saat ini menjadi pemain dengan bayaran termahal.

Asosiasi pemain Major League Soccer atau disingkat dengan MLS memang selalu mengumumkan dafatr gaji pesepakbola yang tergabung dalam MLS per tahunnya. Daftar gaji pesepakbola tersebut diumumkan dalam dua jenis daftar, yakni gaji pokok dan total gaji dengan penambahan dari bonus walau detail pastinya tidak diungkapkan.

Dipaparkan untuk dafatr pendapatan pemain MLS 2017 tersebut akan usai di tanggal 15 April yang lalu. Hal yang tak terduga adalah bukan adanya pemain asing yang menjadi bagian dari sepuluh pesepakbola termahal di MLS, namun juga pemain lokal.

Dan Kaka, kembali menjadi pemain paling mahal di kompetisi tertinggi Amerika Serikat ini. Pria dari Brasil yang saat ini tergabung dengan Orlando City itu mendapat gaji dengan nilai total USD 7,168 juta atau sekitar Rp 94 miliar.

Gaji pokoknya saja mencapai USD 6,66 juta atau sekitar Rp 87,4 miliar per tahun. Nilai tersebut menampilkan jika pendapatan pemain dengan nama Ricardo Izecson dos Santos Leite tersebut belum ada yang mengalahkan dari 2014 yang lalu.

Di peringkat kedua, ada Sebastian Giovinco. Pesepakbola dari Italia yang sudah lama bermain di Juventus dan saat ini bernaung di klub Kanada, Toronto FC, itu mendapat gaji sekitar 7,116 juta atau Rp 93,4 miliar.

Selain Giovinco, Toronto juga mempunyai dua pemain yang mengisi daftar 10 besar pemain termahal MLS. Mereka berasal dari Borussia Mönchengladbach dan AS Roma, yakni Michael Bradley dan Jozy Altidore. Dua pemain dari New York City, Andrea Pirlo serta David Villa, sendiri memperoleh pendapatan USD 5,916 juta dan USD 5,610 juta . Nilai ini mengantar keduanya di posisi keempat dan kelima.

Bagaimana dengan mantan pemain dari Manchester United, yakni Bastian Schweinsteiger? Suami dari Ana Ivanovic itu menjadi pesepakbola termahal di peringkat ketujuh dengan gaji USD 5,400 juta per tahun bersama Chicago Fire.

  • Berikut daftar gaji pesepakbola MLS
  1. Kaka (Brasil), Orlando City, USD 7,168 juta
  2. Sebastian Giovinco (Italia), Toronto, USD 7,116 juta
  3. Michael Bradley (AS), Toronto, USD 1,635 juta
  4. Andrea Pirlo (Italia), New York City, USD 5,916 juta
  5. David Villa (Spanyol), New York City, USD 5,610 juta
  6. Giovani dos Santos (Meksiko), LA Galaxy, USD 5,500 juta
  7. Bastian Schweinsteiger (Jerman), Chicago Fire, USD 5,400 juta
  8. Jozy Altidore (AS), Toronto, USD 4,875 juta
  9. Clint Dempsey (AS), Seattle Sounders, USD 3,893 juta
  10. Diego Valeri (Argentina), Portland Timbers, USD 2,607 juta