Juve Jadi Klub Terdepan Yang Menerima Dana Kompensasi Dari Euro 2016

European Club Association atau biasa disingkat dengan ECA masih terus berupaya untuk menjadi penghubung antara klub dengan tim nasional. Pada dasarnya masalah tetap sama ketika pihak klub begitu keberatan dengan melepas pemain nya untuk bisa berlaga di level internasional bersama timnas.

Dalam beberapa tahun perubahan itu terus dilakukan dengan melalukan negoisasi antara klub, FIFA dan juga ECA. Langkah besar yang terlihat sekarang adalah ketika FIFA berani bertanggung jawab penuh kepada klub apabila pemain nya mendapat cedera disaat membela timnas.

ECA sendiri memang beroperasi di level Eropa saja, namun banyak klub Eropa yang ikut serta dengan mereka dari berbagai program. Salah satu hasil yang diraih oleh ECA adalah kesuksesan negosiasi dengan UEFA perihal insentif untuk klub yang pemainnya dipanggil ke timnas untuk ajang Euro 2016 kemarin, baik itu ketika di ajang kualifikasi hingga putaran final.

Dan beberapa macam kategori sudah meraka siap kan mulai dari ajang kualifikasi pihak klub akan mendapat 3.536 hingga 4.307 euro per pemain per laga. Untuk putaran final, pembayaran akan dilakukan setiap hari mulai dari 2.410 hingga 7.231 euro per pemain.

UEFA melakukan pengumpulan sisa dana sebesar 50 juta plus 755.937 euro dari sisa Euro 2012 lalu untuk membayar kompensasi selama kualifikasi. Sedangkan sisa untuk putaran final UEFA mengalokasikan dana sebesar 100 juta euro. Dari hasil penghitungan itu, muncul satu nama tim yang mendapat dana paling besar yakni Juventus yang menerima dana hampir 3,4 juta euro.

Adapun data lengkap yang berhasil kami rangkum soal dana kompensasi yang diterima oleh masing-masing klub usai Euro 2016:

“Ini adalah bentuk dari apresiasi untuk klub yang sudah bersedia melepas pemain mereka ke ajang besar macam Euro 2016 dan ini sangat penting untuk dilanjutkan.” jawaban resmi dari Chairman ECA, Karl Heinz Rummenigge yang dilansir dari situs resmi mereka.

Juventus sendiri merupakan salah satu penyalur pemain terbanyak di ajang Euro 2016, dimana hampir separuh skuat nya aktif dalam ajang empat tahunan tersebut.