Jelang Real Madrid vs MU : Siapa Tim Termahal di Eropa?

Real Madrid kontra Manchester United pada laga Piala Super Eropa yang akan dihelat pertengahan minggu ini. Laga di Makedonia itu disebut-sebut menjadi laga menarik karena mempertemukan dua tim mahal Eropa.

Jelang laga Piala Super Eropa El Real kontra The Red Devils pada Rabu (9/8/2017) mendatang, bertempat di Philip II Arena, Skopje, Makedonia, mencatatkan bahwa Madrid adalah tim dengan skuat paling mahal. Hitungan untuk anggota tim mereka dinilai sekitar 714 juta euro atau Rp 11,2 triliun.

Cristiano Ronaldo tentunya merupakan pemain paling mahal di El Real untuk hitungan nilai bursa saat ini yakni 100 juta euro. Berada di posisi kedua, ada Gareth Bale yang ditaksir bernilai sekitar 80 juta euro.

Di sisi lain, tim Jose Mourinho sendiri dinilai memiliki pasaran pemain sekitar 558,85 juta euro atau Rp 8,7 triliun. Paul Pogba menjadi pemain posisi pertama termahal di Setan Merah. Dirinya menjadi pemain dengan nilai 75 juta euro. Ada Romelu Lukaku di peringkat yang kedua MU yang paling bernilai. Harga untuk pemain baru di MU ini adalah sekitar 50 juta euro.

Sementara itu, dalam catatan Cies Football Observatory, pernah mencatatkan data tim sepakbola termahal dari jumlah uang yang mereka keluarkan ketika proses transfer. Di Oktober 2016 lalu, terdapat Manchester United di peringkat pertama dengan tim paling mahal. Selanjutnya, Madrid bertengger di posisi kedua.

Untuk pengeluaran MU dalam mencapai skuatnya saat ini sekitar 718 juta euro. Jumlah tersebut dapat semakin tinggi, pasalnya MU sudah mengeluarkan uang sekitar 164 juta euro demi memperoleh Romelu Lukaku, Victor Lindelof, serta Nemanja Matic.

Madrid yang ada di posisi kedua tim sepakbola termahal, bernilai 634 juta euro. Dalam bursa transfer musim ini, Madrid memang baru mendapatkan dua pemain anyar, Dani Ceballos dan Theo Hernandez. Los Blancos baru menghabiskan 47 juta euro demi mengisi skuat mereka.