Istri Michael Essien Ambil Alih Kepemilikan Klub Italia

Michael-Essien-and-Mrs Puni essienIstri pesepakbola Michael Essien, Akosua Puni Essien, secara resmi telah mengakuisisi klub kasta ketiga di Liga Italia, Como, pada Kamis (16 Maret 2017).

Menurut kabar yang beredar di media, Puni mengeluarkan dana sebesar 237.000 euro (Rp 3,4 miliar) untuk membeli seluruh saham Como.

Harga sebesar itu belum termasuk pembelian lapangan untuk pusat latihan tim dan pergantian nama Calcio Como. Setelah berganti kepemilikan, klub yang berjuluk Lariani tersebut akan berubah nama menjadi FC Como.

Puni mengungkapkan kebahagiannya setelah resmi berstatus sebagai pemegang saham terbesar Como. “Saya merasa terhormat karena sekarang saya adalah bagian dari sejarah klub yang telah ada sejak 110 tahun terakhir ini,” serunya.

Dibentuk di tahun 1907, FC Como lebih kerap berkiprah di kasta bawah sepak bola Italia. Mereka terakhir kali tampil di Serie A pada musim 2002-2003, namun setelah itu mereka terus mengalami degradasi ke level bawah dalam tiga musim beruntun.

Sempat mengalami kebangkurtan pada musim 2005-2006, Como terpaksa turun kasta lagi ke Serie D atau level tertinggi kompetisi amatir di Italia. Usai kondisi finansial mereka membaik, mereka akhirnya kembali ke Serie C2 dua musim berselang.

Untuk saat ini, Como sedang bermain di Lega Pro/A usai terdegradasi dari Serie B musim lalu. Tim besutan Fabio Gallo itu punya kesempatan untuk naik ke Serie B di musim mendatang melalui jalur play-off karena berhasil menduduki posisi ketujuh klasemen sementara Lega Pro/A.

Puni adalah istri dari Michael Essien sejak 2012. Saat itu, hanya sedikit yang tahu soal pernikahan mereka yang dilakukan secara tertutup. Dari hasil pernikahannya dengan pemain yang saat ini bermain untuk klub Persib Bandung tersebut, Puni dikaruniai dua orang anak, Michelle Essien dan Michael Essien jr.