Inilah Kandidat Pelatih Premier League Yang Akan Menggantikan Unai Emery Jika Gagal Menjuarai Liga Champions

Unai Emery, Mauricio Pochettino, Jose Mourinho, Antonio Conte, Paris Saint Germain
Kandidat Pelatih Liga inggris yang akan menggantikan Unai Emery

 

Pelatih Paris Saint-Germain saat ini yaitu Unai Emery akan menemukan masa kontraknya berakhir di musim ini dan diketahui seandainya pelatih asal Spanyol itu tidak mampu memimpin pakaian ibukota Prancis setidaknya ke semifinal Liga Champions setelah menghabiskan dana besar di musim panas ini, Oryx Qatar Sports Investments akan pasti tidak melanjutkan kerjasama dengannya.

Memang segala sesuatunya terlihat sangat cerah bagi Emery dan timnya dengan berada di puncak klasmeen Grup B dengan 12 poin dari 12, meraih 17 gol tanpa kebobolan dan mampu menaklukan jawara liga Jerman lima kali secara beruntun, Bayern Munich  dengan skor 3-0 di akhir September lalu.

Namun halt tersebut tidak menjamin raksasa Ligue 1 akan mencapai babak empat besar atau lebih di Liga Champions.

Mereka memiliki semua kemungkinan dengan tiga pemain lini serangn yang sangat tajam, sebut saja Kylian Mbappe, Edinson Cavani dan Neymar yang mampu merontokkan lawannya di semua kompetisi. Namun kedalaman lini tengah dan belakang PSG terkadang terlihat sangat rapuh, walaupun mereka telah mencatat empat kali cleen sheet di semua pertandingan Liga Champions musim ini.

Meski masih ada jalan panjang menuju gelar juara kompetisi tertinggi di Eropa, namun Les Parisiens masih bisa berkonspirasi untuk gagal mencapai semifinal setidaknya, dan faktor lainnya adalah kurangnya kemampuan Emery. Mereka pun diketahui akan mencari pelatih baru dan tak memperpanjang masa baktinya di Parc des Princes.

Ada beberapa kandidat pelatih yanng akan memungkinkan untuk menggantikannya, setidaknya ada tiga kandidat yang saat ini mebela klub yang bermain di Premier League hingga saat ini.

Pilihan pertamanya adalah Mauricio Pochettino.

Pelatih asal Argentina tersebut mampu mendalangi hasil imbang 1-1 dan kemenangan kandang saat unggul 3-1 atas Real Madrid di babak penyisihan grup Liga Champions. Apalagi ia sempat menjadi Kapten kesebelasan PSG di musim 2001-2003 dan memiliki keinginan untuk mencicipi kursi kepelatihan di ibukota Prancis selama karirnya.

Pilihan kedua adalah Jose Mourinho. Pelatih Manchester United pernah meraih kemenangan Liga Champion dua kali, pernah menjadi finalis yang kalah dan semifinalis enam kali, serta dua kali juara Liga Europa (dan masih berjuang saat ini di liga Champion).

Selain itu pembicaraan kontraknya dengan Manchester United yang ditundanya, membuat kabar meluas bahwa ia akan pergi pada akhir musim ini dan kemungkinan ia bisa menggantikan Emery.

Karakter abrasif Mourinho dan komentar terdahulu yang sempat menghina Ligue 1 tidak akan banyak menjadi kendala jika PSG secara realistis berpikir bahwa mereka akan mampu dapat menjaring “The Special One,” apalagi dan rekan senegaranya dan mantan koleganya di FC Porto yaitu Antero Henrique, saat ini sebagai direktur olahraga yang dapat hanya memperkuat kasus ini.

Masih ada kemungkinan lain yaitu Antonio Conte dari Chelsea. Pelatih asal Italia pun terlihat semakin tidak akan bersama timnya dimusim depan. Meskipun rekor mantan juara Liga Italia dan Juventus itu tidak meyakinkan, namun dengan penampilan terbaiknya adalah perempatfinal dengan juara Serie A di tahun 2012-13, dan kekuatan Conte terletak pada keterampilan motivasinya.

Pelatih berusia 48 tahun itu menunjukkan kualitas ini dengan sempurna dengan memimpin skuad Azzurri yang terbatas ke Kejuaraan Eropa UEFA 2016 pada delapan besar.

PSG saat ini tidak membutuhkan pelatih yang terobsesi dengan sisi taktis permainan, seperti Emery. Mereka membutuhkan seseorang yang bisa mengatur penghormatan kolektif pemain dan Conte bisa menjadi sempurna untuk itu dan menjaga tim dengan baik dibor sepanjang musim.

Itulah tiga pelatih dari Premier League yang bisa menjadi kandidat terbaik PSG menggantikan Emery jika Ia gagal membawa timnya meraih segala kejayaan dengan para pemain yang handal disisinya. Bagaimanakah pilihan Anda?