Inilah Jadwal Resmi Piala Konfederasi 2017

Piala Konfederasi atau biasa disebut “Piala Dunia Mini” akan segera digelar, dalam hitungan hari ke depan pecinta sepakbola akan disuguhkan dengan pertandingan-pertandingan kelas dunia yang siap dimainkan oleh negara-negara juara dari benua masing-masing. Meski levelnya tidak sebesar Piala Dunia, Piala Konfederasi tetap saja merupakan ajang yang menarik untuk diikuti.

Negara yang sukses dibenua Eropa, Amerka Selatan, Amerika Utara dan Tengah, Afrika, Asia, dan Oseania ditambah dengan tim juara dunia dan tim tuan rumah, Piala Konfederasi tentu saja berpotensi menyajikan sepakbola berkualitas karena disana terdapat pemain-pemain kelas tinggi macam Cristiano Ronaldo dan Kylian Mbappe selaku pemain yang sedang naik daun.

Piala Konfederasi ini juga bisa dikatakan sebagai laga pemanasan sebelum berkompetisi diputaran Piala Dunia 2018, Rusia. Turnamen ini juga akan memberikan gambaran kepada negara mana yang akan berpeluang menjadi juara Dunia nanti, meski anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Pasalnya mitos berbicara bahwa sejak format awal turnamen pada 1997, juara Piala Konfederasi tidak pernah berhasil langsung menjadi juara Piala Dunia.

Nama Brasil masih menjadi yang pertama sebagai negera pengoleksi terbanyak trofi Piala Konfederasi dengan empat gelar mulai dari musim 1997, 2005, 2009, dan 2013 dan semua itu gagal menjadi juara dunia di ajang Piala Dunia yang mengikutinya 1998, 2006, 2010, dan 2014. Lalu pertanyaan yang pantas apakan mitos ini akan berakhir di Piala Dunia 2018 nanti?

Edisi ke-10 Piala Konfederasi akan memperlihatkan Russia sebagai tuan rumah sekaligus akan bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. Piala Konfederasi 2017 akan digelar pada 17 Juni hingga 2 Juli 2017 mendatang di empat kota mulai dari Kazan, Moskwa, Sochi, dan St Petersburg.

Tak banyak berubah, Piala Konfederasi tetap menyajikan delapan negara yang akan menjadi peserta. Kedelapan peserta itu akan dibagi ke dalam dua grup di mana FIFA telah melakukan undian sejak bulan November 2016. Hasilnya adalah juara dunia 2014, Jerman dan juara Copa America 2015, Chile bakal berada dalam satu grup di Grup B bersama dengan jagoan Asia Australia dan juara Piala Afrika 2017, Kamerun.

Sedangkan dari tetangga sebelah, Grup A menampilkan Rusia bersama dengan juara Euro 2016, Portugal, Meksiko selaku wakil Amerika Utara dan Tengah serta Selandia Baru wakil dari Oseania. Agenda awal memperlihatkan bahwa dua tim terbaik dari Grup A dan Grup B bakal berhak melaju ke semi final pada 28 dan 29 Juni.

Dan partai puncak Piala Konfederasi 2017 sendiri akan dilangsungkan pada tanggal 2 Juli di St Petersburg, Zenit bersamaan dengan partai perebutan tempat ketiga di Moskwa. Tak ketinggalan, FIFA selaku seksi acara tentunya sudah menyiapkan hadiah uang total sebesar 24 juta dollar atau sekitar Rp320 miliar untuk turnamen ini.

Dengan dibagi rata mulai dari negara pemenang akan menerima hadiah 5 juta dollar, sementara runner-up dapat 4,5 juta dollar, peringkat ketiga 3,5 juta dollar, peringkat keempat 3 juta dollar dan sisa empat tim masing-masing mendapat 2 juta dollar. Menarik untuk ditunggu aksi-aksi luar biasa dari pemain kelas dunia?.