Ini Tiga Besar yang Bersaing Sebagai Pemain Terbaik UEFA

Pihak Federasi Sepakbola Eropa sudah merilis tiga pesepakbola dunia yang akan memperebutkan gelar pesepakbola terbaik 2017 di musim ini. Tiga nama pemain ini adalah Gianluigi Buffon, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Pada tahun yang lalu, gelar pesepakbola terbaik didapatkan oleh Cristiano Ronaldo setelah dirinya bermain dengan apik bersama klubnya, Real Madrid di kompetisi Liga Champions. Selama musim ini, nama pesepakbola dunia itu kembali masuk dalam daftar ini sebagai salah satu nominasi yang kuat untuk mendapatkan gelar yang sama di tahun ini.

Ronaldo kembali memperkuat Madrid sebagai pemegang gelar Liga Champions. Dalam ajang yang begitu dinantikan sebagai pembuktian klub terbaik dan terkuat di Eropa tersebut, pemain berumur 32 tahun itu berhasil menciptakan 12 gol dan enam assits. Sementara itu, Ronaldo juga mempersembahkan piala La Liga dan Piala Dunia Antarklub bagi Real Madrid di musim lalu.

Di sisi lain, Lionel Messi kembali bergabung dalam daftar ini setelah bermain mengesankan di laga La Liga dengan menciptakan 37 gol, lebih banyak dari Ronaldo yang hanya membukukan 25 gol. Walau begitu, banyak prestasi Messi yang masih belum sebanyak Ronaldo. La Pulga hanya mempersembahkan gelar Copa del Rey bagi Barcelona.

Nominasi pesepakbola terbaik 2017 adalah Gianluigi Buffon. Kapten Juventus tersebut merupakan kiper satu-satunya yang berada dalam nominasi ini. Selama musim yang lalu, Buffon memberikan 13 cleansheet di Serie A dan sembilan untuk Liga Champions.

Mantan kiper AC Parma ini juga menjadikan Juventus sukses mendapatkan dua piala juara yaitu Serie A dan Coppa Italia.

Untuk menentukan pemenang pesepakbola terbaik 2017 ini, pihak UEFA mengikutsertakan 80 pelatih yang klubnya berlaga di Liga Champions dan Liga Europa musim yang lalu. Selain itu, ada 55 jurnalis yang tergabung dalam European Sports Media [ESM]. Pemenang akan segera dirilis di tanggal 24 Agustus mendatang.