Ini Lima Nominasi Terkuat Dalam Golden Boy Award 2017

Terdapat sekitar 25 pemain dari klub bola terbaik Eropa yang masuk dalam nominasi penghargaan Golden Boy Award 2017. Tujuh dari mereka adalah pesepakbola muda Liga Inggris.

Golden Boy Award 2017diselenggarakan kembali, yang adalah ajang penghargaan dari para jurnalis olahraga untuk pesepakbola muda dari berbagai klub bola terbaik Eropa. Masuk dalam kategori ini harus bermain dengan baik satu tahun belakangan ini.

Menjadi yang ke-15 kalinya,  kiper berumur 18 tahun dari AC Milan, Gianluigi Donnarumma merupakan satu-satunya kiper yang masuk list. Di sisi lain, penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe juga masuk nominasi.

Juara Pemain Muda Terbaik Eropa ini dilihat dari hasil voting dari berbagai jurnalis surat kabar. Sejak 2003 lalu, berikut media yang ikut ambil bagian, yakni Bild, Blick, A Bola, l’Équipe, France Football, Marca, Mundo Deportivo, Ta Nea, Sport Express, De Telegraaf, serta The Times. Tiap juri boleh memilih lima pemain dengan 10 poin untuk yang paling baik, dan 7, 5, 3, dan 1 poin untuk pemain lainnya.

Di musim 2016 lalu, pemain Bayern Munchen yakni Renato Sanches terpilih sebagai pemain muda terbaik Eropa, menang atas pemain Manchester United, Marcus Rashford di posisi kedua. Tapi, Namun, tahun ini, nama Sanches tak masuk nominasi. Rashford kembali ada dengan saingan yang berat.

Berikut nominasi kuat dalam list Golden Boy Award 2017.

  1. Gabriel Jesus

Pemain Manchester City ini baru saja mendapat penambahan gaji seteah bermain dengan baik di musim lalu. Sejak debut, dirinya sudah mencatatkan 12 gol dalam 17 laga. Kini, pesepakbola muda 20 tahun itu mendapat 150 ribu pound sterling per minggu, dari sebelumnya hanya 70 ribu pound sterling.

  1. Gianluigi Donnarumma

Kiper AC Milan ini sempat ingin hengkang dari klubnya. Tapi, akhirnya Donnarumma minta maaf pada penggemarnya dan memperbarui kontrak sampai 2021 mendatang.

Di musim lalu, Milan hanya ada di posisi enam klasemen Serie A. Namun, Donnarumma mencattakan 12 kali penyelamatan di 38 laga di liga. Jumlah itu, sama dengan perolehan kiper AS Roma yakni Pepe Reina hingga Gianluigi Buffon yang memberikan gelar Scudetto musim lalu. Donnarumma juga menjadi bintang di laga final mereka di Piala Super Italia 2016.

  1. Ousmane Dembele

Barcelona mendapatkan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund senilai 105 juta euro atau Rp 1,67 Triliun di musim lalu. Pesepakbola muda 20 tahun ini bisa menjadi pengganti Neymar yang pindah ke PSG.

Walau dengan catatan 10 gol di Dortmund, pemain ini diyakini dengan bakat gesit melewati pemain lawan, yang menjadikannya sebagai buruan utama di bursa transfer kemarin. Saat ini, dirinya mengenakan nomor punggung 11, nomor yang digunakan Neymar kala masih di Barcelona.

  1. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe bermain dengan mengesankan di AS Monaco pada musim 2016/2017. Saat itu, pemain 18 tahun itu membukukan 26 gol di semua liga. Selain itu, Mbappe juga masuk nominasi Golden Boy 2017 ini setelah berperan penting dalam membawa Monaco mendapatkan gelar Ligue 1 dan masuk ke babak semifinal Liga Champions UEFA.

  1. Marcus Rashford

Marcus Rashford memiliki karir yang cemerlang di Manchester United. Pesepakbola muda 19 tahun itu rajin membukukan gol sehingga dia terpilih di tim utama MU dan timnas Inggris.

Musim debut di MU, dirinya mencatatkan delapan gol dari 18 laga. Musim lalu, Rashford juga mencatatkan 11 gol dari 53 laga. Rashford juga muncul sebagai bintang MU dari golnya di putaran kedua prempat final Liga Europa yang membawa timnya menang 2-1 atas Anderlecht.