Ini Kandidat Calon Presiden Barcelona

Ini Kandidat Calon Presiden Barcelona
Ini Kandidat Calon Presiden Barcelona

Pilpres Barcelona kini tinggal menghitung hari. Kandidat-kandidat dari calon presiden Barcelona pun semakin gencar dalam melakukan kampanye. Pilpres yang diselenggarakan pada 18 Juli mendatang ini memang cukup dinanti oleh banyak pihak terutama pada penggemar Barca. Pasalnya, mereka dapat memilih presiden yang mereka inginkan. Namun, tak semua fans Barca dapat memberikan hak suaranya. Hanya fans Barca yang merupakan anggota yang dapat melakukan pemilihan.

Saat ini Barca memiliki 144.756 anggota dengan 109.637 merupakan anggota yang memenuhi syarat untuk memilih presiden karena usianya lebih dari 18 tahun. Sebelum mencalonkan diri sebagai presiden, setiap calon presiden harus memiliki 2.534 orang yang akan menandatangani petisi berisi dukungan pada salah satu presiden. Tak hanya itu saja. Mereka juga harus memberikan uang sebesar 1,14 triliun sebagai uang “aval” atau uang jaminan untuk klub.

Lalu, siapa sajakah kandidat dari presiden Barca ini? Berikut adalah daftarnya :

1. Josep Maria Bartomeu
Sosok calon presiden yang satu ini berhasil menjadi orang nomor satu di Barca sejak Sandro Rosell mengundurkan diri pada tahun 2014 lalu. Mundurnya Rosell dipercaya akibat kasus transfer pemain bintang, Neymar. Namun, konflik setelah pemecatan Direktur olahraga Andoni Zubizarreta membuatnya harus melakukan pemilu lebih cepat.

Meski tak sedikit kekecewaan didapat kala masih di bawah Bartomeu, namun momentum treble winner tak dapat dilupakan. Berada di bawah kepemimpinannya, Barca telah berhasil membawa tiga gelar dalam satu musim. Cara ini dianggap dapat membuat para anggota berfikir untuk menjadikannya pemenang.

2. Joan Laporta
Laporta adalah salah satu mantan presiden Barca pada periode 2003 hingga 2010. Di tangan Laporta, Barca berubah dari tim kecil yang selalu kalah, menjadi tim besar sepanjang sejarah. Di tangannya pula, ia merekrut Frank Rijkaard yang berhasil membuat Barca sejajar dengan Real Madrid. Namun bukan berarti ia disenangi oleh anggota klub Barca. Kala itu sempat terjadi penggulingan lebih cepat dari fans yang tak menyukai sang presiden.

3. Toni Freixa
Toni Freixa adalah salah satu anggota kala Rosell masih menjadi presiden. Kala itu ia menjabat sebagai kepala komunikasi. Namun, semenjak Bartomeu menjabat sebagai presiden, posisinya pun tersingkirkan. Kini, ia mencoba keberuntungan dengan mencalonkan diri sebagai calon presiden. Dengan cara ini, Toni berharap dapat membalaskan dendam pada Bartomeu.

4. Jordi Majo
Jordi Majo adalah salah satu nama kandidat yang sempat menghebohkan publik dengan janjinya yang siap mendatangkan Ramos jika ia berhasil menjabat sebagai presiden Barca nanti. Majo juga sempat mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di Barca pada tahun 2003. Kala itu ia harus mengakui keunggulan Laporta dan puas berada di posisi ketiga.

5. Agusti Benedito
Benedito juga tak hanya sekali mencalonkan diri sebagai seorang presiden Barca. Ia sempat mencalonkan diri pada tahun 2010 lalu. Namun, ia gagal karena hanya berhasil mendapatkan 14 persen suara saja.