Heynckes Tanggapi Pernyataan Effenberg untuk Merubah Format Bundesliga

Pelatih Bayern Munich yaitu Jupp Heynckes sempat menanggapi kabar bahwa kompetisi Bundesliga perlu melakukan perubahan format untuk mengakhiri dominasi klubnya seperti yang diungkapkan oleh Stefan Effenberg. Meskipun demikian, Ia tak meyakini bahwa mantan pemain Bayern tersebut akan mengusulkan tindakan itu jika ia masih sebagai pemain.

Paderborn vs Bayern Munich 2018
Paderborn vs Bayern Munich

Memang raksasa liga Jerman itu telah berhasil mengumpulkan 18 poin dengan 13 pertandingan yang tersisa saat mereka mengerjar kemenangan kompetisi itu untuk keenam kalinya secara berturut-turut Namun mantan gelandang mereka yang sempat menjadi pelatih SC Paderborn minggu ini menyarankan, melalui kolom T-Online-nya, bahwa ia ingin membelah liga menjadi dua dan mengatur ulang poin setelah Natal untuk mencoba mempertahankan sebuah elemen kompetitif.

Heynckes sendiri dengan penuh semangat menentang gagasan tersebut dan mengklaim bahwa Effenberg, yang merupakan bagian dari tim Bayern, bahkan sempat memenangkan kejuaraan Bundesliga tiga kali secara berturut-turut, tidak akan pernah mengajukan rencana seperti itu seandainya ia masih menjadi pemain, sebelum menggantung sepatu .

“Saya pikir Bundesliga selalu menjadi kompetisi yang menarik seperti sebelumnya, setelah 34 pertandingan tim terbaik, yang paling sukses, adalah juara dan saya merasa itulah cara kami meninggalkannya,” jelas pelatih berusia 72 tahun itu saat konferensi media menjelang bentrokan dengan Schalke pada pagi dini hari nanti pukul pagi 00.30 WIB.

“Saya pikir para pakar yang mengatakan bahwa kita harus mengubahnya, dan mereka yang merupakan mantan pemain di Bayern Munich, mereka tidak akan pernah mengatakan hal tersebut [jika masih menjadi pemain] – ini jelas bagi saya. “.

Stefan Effenberg saat bermain di Bayern Munich
Stefan Effenberg saat bermain di Bayern Munich

“Anda tidak bisa mengkritik atau menyalahkan Bayern karena melakukan pekerjaan yang lebih baik di lapangan dan di luar lapangan, ini adalah sesuatu yang Bayern telah bekerja sangat keras selama bertahun-tahun. Borussia Dortmund memenangkan Bundesliga dua kali dalam tahun berturut-turut – mengapa seharusnya tidak mungkin dilakukan di tahun-tahun mendatang untuk Leverkusen, misalnya? Saya pikir cara pengorganisasiannya sudah bagus dan tidak boleh diubah.”.

“Saya tidak percaya pada play-off, saya pikir itu bagus seperti apa adanya. Munich menikmati hasil kerja keras dan menciptakan metode yang berbeda untuk menghukum Bayern bukanlah motif yang tepat untuk dimiliki.”.

Ada benarnya apa yang dikatakan oleh pelatih Bayern Munich,Jupp Heynckes, yang menolak tentang perubahan format kompetisi Bundesliga seperti yang diungkapkan oleh mantan pemain klub Stefan Effenberg guna mengakhiri dominasi Bayern dan jika pun hal itu disetujui tentu akan mengubah juga seluruh sistem kompetisi di seluruh Eropa bahkan dunia.