Hat-trick Striker Torino Pecahkan Rekor Shevchenko

Andrea BelottiPenyerang Torino, Andrea Belotti sukses mencetak hat-trick tercepat di Serie A. Pemain 23 tahun itu memecahkan rekor yang sebelumnya dicatatkan oleh Andriy Shevchenko 17 tahun silam.

Torino berhasil mengalahkan Palermo dengan skor 3 – 1 pada Minggu (5 Maret 2017) malam WIB, di Stadion Olimpico Torino.

Seluruh gol tim tuan rumah dibukukan oleh Andrea Belotti pada babak kedua usai Il Toro tertinggal lebih dulu di babak pertama melalui gol Andrea Rispoli.

Hat-trick Belotti sendiri bisa dibilang cukup fantastis. Dia bisa mencetak tiga gol dalam waktu yang sangat singkat, dengan membuka keran golnya di menit 73 melalui tandukan kepala. Tiga menit berselang, Belotti kembali mencetak gol untuk membalikkan skor menjadi 2 – 1 untuk keunggulan Torino.

Lima menit kemudian Belotti kembali membobol gawang Palermo dan sekaligus mencatatkan rekor baru dengan hat-trick tercepat di Serie A. Menurut catatan Opta, ketiga gol itu dibuatnya hanya dalam kurun 7 menit dan 15 detik.

Catatan itu memecahkan rekor hat-trick tercepat sebelumya yang ditorehkan oleh Shevchenko pada tahun 2000 silam. Ketika itu legenda AC Milan tersebut mencetak tiga gol ke gawang Perugia dalam periode menit 69 sampai menit 76.

Selain memecahkan rekor Shevchenko, Belotti kini sukses memimpin daftar topskorer Serie A dengan koleksi 22 gol. Dia berhasil menyalip perolehan 19 gol yang dibukukan oleh Edin Dzeko dan Gonzalo Higuain.

Usai pertandingan, performa cemerlang yang ditunjukkan oleh Belotti ini pun mengundang pujian dari sang pelatih, Sinisa Mihajlovic yang menganggap penyerangnya ini tampil luar biasa.

“Itu adalah performa luar biasa dan dia sudah bekerja sangat keras dengan cara yang selalu dia tunjukkan. Dia punya segalanya dan dia masih sangat muda. Masih ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan lagi oleh Andrea, dan dia tidak bisa bersantai,” tutur Mihajlovic.

Dengan kemenangan atas Palermo semalam, Torino masih belum beranjak posisi sembilan di klasemen dengan perolehan 39 poin. Sementara itu, Palermo masih berkutat dengan zona degradasi dengan perolehan 15 poin di peringkat 18.