Guardiola Puji Kontribusi Kompany di City

Manchester City menyambut baik kehadiran sosok kapten tim, Vincent Kompany dalam kemenangan besar 5-0 atas Crystal Palace dilanjutan Premier League Inggris akhir pekan kemarin. Makin sempurna malam minggu itu ketika Josep Guardiola memuji kapasitas Kompany sebagai pemain bertahan.

Agustus 2015 lalu menjadi catatan Kompany dalam urusan mencetak gol, bulan tersebut adalah terakhir kalinya sang kapten menceploskan bola ke gawang lawan. Dan untuk pertama kalinya sejak bulan tersebut, Kompany akhirnya membuat gol kembali usai memanfaatkan umpan Kevin de Bruyne untuk semakin menenggelamkan tim asuhan Sam Allardyce.

Kompany, 31 tahun terhitung sudah bermain sepanjang 90 menit dalam lima pertandingan terakhir, usai sebelumnya sering absen karena berbagai macam cedera. Adapun Guardiola memuji pertahanan timnya yang makin solid sejak diperkuat lagi oleh pemain Belgia tersebut.

“Langkah besar jelas terjadi, semua itu hadir ketika kami berbicara dengan Kompany. Kami mengatakan tak memberi tekanan padanya. Dia harus bisa berlatih reguler dan memainkan satu laga. Setelah itu satu lagi, dan kemudian satu lagi,” ungkap Josep kepada media.

“Dia berhasil menjalani pertandingans selama 90 menit, itu bagus dan saya berharap terus berlangsung. Saya tidak berbicara dengannya, namun saya yakin mantan manajer Manuel Pellegrini amat merindukannya musim lalu,”

“Dia adalah bek tengah terbaik kami, ketika anda berbicara perihal pemain bertahan yang mampu melakukan duel bagus dengan penyerang lawan. Maka jawabannya adalah Kompany.” tandasnya.

Dengan kemenangan ini, Manchester City terus menjaga peluang bertahan diposisi empat besar sebagaimana mereka menargetkan mengakhiri musim ini dengan berkompetisi ke putaran final Liga Champions.