Guardiola Bela Stones Dari Kritik

john stones

Direkrut dengan banderol tinggi, John Stones masih belum memenuhi harapan Manchester City. Walau begitu pelatih City Pep Guardiola memberi pembelaan pada performa Stones.

Palang pintu asal Inggris berusia 22 tahun itu mendarat di Etihad dari Everton usai ditebus dengan mahar senilai 50 juta poundsterling di musim panas lalu. Sejauh ini Stones sudah mencatatkan 35 penampilan di berbagai ajang.

Walau demikian Stones acapkali melakukan kesalahan-kesalahan yang merugikan timnya sendiri. Hasilnya Guardiola sempat menepikannya akhir tahun lalu sebelum kembali ke tim utama The Citizens.

Keroposnya lini bertahan adalah salah satu faktor yang berdampak buruk pada laju city. Di Premier League, City yang berada di peringkat ketiga dan telah kemasukan 30 gol, paling banyak kedua di antara tim-tim lima besar klasemen saat ini.

Selain itu City juga terdepak dari 16 besar Liga Champions akibat kalah agregat gol tandang melawan AS Monaco. Dalam 8 laga yang sudah dijalani, City kemasukan 16 gol (sama dengan Arsenal), terbanyak di antara tim-tim yang lolos ke lolos fase gugur.

“John adalah sosok yang paling rendah hati di ruangan ini, nyali yang lebih besar daripada semua orang di sini,” kata Guardiola di Sky Sports. “Saya menyukai pemain seperti dia. Saya menyayangi dia.”

“Banyak orang yang memberi kritikan kepadanya. Tapi saya senang mempunyai John dengan semua kesalahan besar dia.”

“Saya sangat menyukai orang-orang dengan sikap semacam ini. Memang tak mudah tampil sebagak bek tengah dengan pelatih ini. Tidak mudah. Pelatih-pelatih lain berkata bertahan di sana, menyundul di sana, bola-bola panjang, channel, channel. Anda harus berada 40 meter di belakang dan membangun serangan (dengan saya). Maka itu bukan hal mudah.”

“Itulah keapa saya menyukai bek-bek tengah saya, Nico [Otamendi], [Aleksandar] Kolarov dan pastinya Vinny [Kompany] yang cedera berkepanjangan, dan terutama John,” lugas mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu.