Gagal, Pelatih Timnas AS Ini Pilih Mundur dari Jabatannya

Timnas Amerika Serikat akhirnya tak berhasil masuk ke babak selanjutnya di Piala Dunia 2018. Pelatih mereka, yakni Bruce Arena dengan ini akan mengundurkan diri dari posisinya.

Bruce Arena sejatinya belum ada satu tahun menjadi pelatih timnas Amerika Serikat. Dia baru menjadi pelatih sejak November 2016 yang mengganti posisi dari Juergen Klinsmann yang diberhentikan setelah kegagalan dari timnas Meksiko dan Kosta Rika. Sebenarnya, ini menjadi musim yang kedua untuk dirinya bersama timnas AS setelah musim 1998-2006 silam.

Namun, musim ini Arena tak berhasil membawa AS menuju babak final Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka kalah dengan skor akhir 1-2 kontra Trinidad dan Tobago di babak kualifikasi zona CONCACAF. Di sisi lain, keberhasilan Panama dan Honduras menjadikan AS pasti hanya jadi penonton pada laga final di Rusia mendatang.

AS hanya berada di posisi kelima klasemen penghujung babak kualifikasi zona CONCACAF. Ini merupakan hal pertama AS tak berhasil menuju Piala Dunia sejak tahun 1986 silam. Pelatih ini kemudian memilih untuk mundur dari jabatannya di hari Jumat (12/10/2017) waktu setempat.

” Saat saya kembali mau dengan profesi ini ini di bulan November lalu, saya mengerti tantangan yang saya akan hadapi, mungkin lebih dari yang dipikirkan oleh para sebagian dari orang di luar sana,” ucap Arena.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan jika semua yang ikut dalam kompetisi Piala Dunia 2018 tersebut pasti mempersembahkan semuanya yang mereka miliki dalam waktu 11 bulan belakangan ini, walau mereka kemudian gagal. “Tak ada alasan lain. Kami memang kalah dalam melanjutkan tugas ini dan saya bertanggung jawab penuh.”

Disebutkan Bruce Arena lagi bahwa ini merupakan hal buruk yang dia dapatkan bersama timnas senior dan pastinya banyak hal yang mempertanyakan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Dia menjawab akan tetap mendukung timnas Amerika Serikat dan nantinya mereka akan kembali ke jalur kompetisi selanjutnya demi kemenangan.