Gagal DI Liga Champions, Barcelona Harusnya Bisa Raih Dua Gelar Lainnya Di Musim Ini

Mantan jawara musim lalu di Liga Spanyol yaitu Barcelona, belum lama ini telah resmi tidak dapat melanjutkan perjuangannya di Liga Champions dan karena itulah mereka akan mencoba berkonsentrasi untuk mengejar gelar juara di kompetisi lainnya yaitu liga domestik, La Liga, musim ini. Hal ini seharusnya mampu memuluskan jalan mereka apalagi rivalnya yang memiliki poin sama dalam kompetisi ini masih meneruskan pertandingan di Liga Champions. Tentu mereka akan lebih terkuras tenaganya dibandingkan Barcelona.

Dalam pertandingan di Liga Champions belum lama ini, Barcelona telah ditekuk oleh pemuncak klasemen di Liga Italia yaitu Juventus dengan agregat 3-0 di babak perempat final. Sementara rivalnya Madrid di babak yang sama, mampu melaju setelah menaklukan pemuncak klasemen di Liga Jerman, Bayern Munchen dengan agregat 6-3 dan lolos kebabak selanjutnya.

Hal ini juga secara tidak langsung mempengaruhi pertandingan terakhir keduanya yang kebetulan bertemu di putaran ke 33 La Liga beberapa hari yang lalu. Barcelona mampu tampil maksimal dengan mencatatkan kemenangan tipis 2-3 menaklukan Madrid di markasnya sendiri. Hal ini membuat mereka naik peringkat ke posisi pertama klasemen dengan yang selama ini diisi oleh Madird. Namuan sayangnya Madrid masih memiliki satu pertandingan yang belum terlaksana menghadapi Celta Vigo.

Seharusnya Barcelona memiliki peluang yang cukup bagus mengingat mereka hanya perlu konsentrasi dengan enam pertandingan di satu kompetisi saja jika Copa del Rey tak diikut sertakan. Pasalnya kompetisi tersebut hanya menyisakan satu pertandingan saja setelah kompetisi La Liga berakhir. Dan mereka pun hanya menghadapi Deportivo La Coruna  yang secara diatas kertas kekuatan mereka kalah saing dengan Barcelona.

Disisi lain Madrid masih akan menjalani jadwal yang padat karena mereka akan disisipi dua sampati tiga pertandingan lagi di Liga Champions belum lagi tujuh pertandingan di La Liga. Apalagi pada babak semi final nanti, Madrid akan menghadapi rival satu kotanya yaitu Atletico Madrid yang sangat kuat, ditambah beberapa pemain andalannya sedang dirundung cedera.

Barcelona seharusnya mampu memanfaatkan ini dan menyabel dua gelar juara sebagai hadiah perpisahan untuk pelatihnya yang akan tak mengasuh lagi di musim depan.