Frank de Boer Sarankan Arjen Robben Untuk Tidak Mengakhiri Karirnya Di Belanda

Frank de Boer, Arjen Robben, Bayern Munich
Arjen Robben (kiri) dan Frank de Boer (kanan)

 

Mantan legenda Belanda Frank de Boer belum lama ini mengungkapkan pendapatnya tentang masa depan dari pemain veteran Bayern Munich yaitu Arjen Robben . Ia mengatakan bahwa rekan senegaranya seharusnya tidak kembali ke Belanda dan bergabung dengan klub yang ada dan menyarankan untuk tetap tinggal serta mengakhiri karirnya bersama raksasa Liga Jerman.

Memang pemain yang kini berusia 34 tahun itu, telah meraih status yang membanggakan di klub yang dibelanya sejak 2009 lalui, setelah ia meninggalkan Real Madrid yang hanya bertahan selama dua tahun. Tengok saja catatannya dimana hingga kini dia telah menyumbangkan 93 gol yang mengejutkan dan 62 assist dalam 182 pertandingan di Bundesliga bersama Bayern dan menambahkan 41 gol lagi dalam 94 pertandingan diluar Bundesliga.

Robben pun memainkan peran sentral dalam enam kemenangan Bayern  sealma karirnya, empat kemenangan DFB Cup dan keberhasilan di Liga Champions UEFA 2012/13.

Namun masa baktinya akan segera berakhir di setelah musim ini usai sementara presiden klub Uli Hoeness mengatakan keputusan mengenai masa depannya akan dibuat “pada bulan April atau Mei mendatang”.

Robben sendiri sempat memberi tahu kicker pada hari Selasa lalu tentang masa depannya dan hanya mengatakan “Saya hanya fokus sekarang untuk bermain sepak bola. “.

Banyak spekulasi bahwa mantan pemain Internasional Belanda itu kembali ke negara asalnya sebelum pensiun, dimana ia sebelumnya pernah membela Groningen dan PSV Eindhoven. Meskipun demikian, mantan pelatih Crystal Palace, de Boer, mengatakan kepada media Bild bahwa itu adalah sebuah kesalahan.

“Dia harus mengakhiri karirnya bersama Bayern,” kata mantan bek internasional Belanda itu, yang memulai karir bermain sendiri di Ajax pada tahun 1998 namun selesai di Qatar 18 tahun kemudian.

“Selalu ada hal tentang pulang ke rumah pada akhir karir yang hebat. Itu bisa berjalan dengan baik, tapi biasanya tidak. Dia tidak harus membuktikan apapun kepada siapa pun lagi. “.

De Boer yang pernah juga menjadi pelatih Ajax dan Inter Milan, sempat mengungkapkan bahwa dirinya menyukai kesempatan untuk dapat mengikuti rekan senegaranya seperti Bert van Marwijk dan Peter Bosz untuk dapat mengasuh salah satu klub yang bermain di kompetisi tertinggi Sepak bola Jerman.

“Saya sudah mendapat tawaran dari klub Bundesliga. Tapi Jerman saya belum cukup bagus dan bisa berkomunikasi itu penting, “. Ia menambahkan,”Bundesliga ini sangat menarik. Saya bisa membayangkan bekerja di dalamnya. “.

Robben dan de Boer pernah bekerja sama saat Robben membantu De Oranje menjadi runners-up do FIFA World Cup 2010.