FIFA Rilis Rancangan Piala Dunia 48 Negara

Komite sepakbola tertinggi Dunia, FIFA baru saja menyiarkan projek baru perihal rancangan konsep yang mungkin menggemparkan dunia dengan adanya tim peserta Piala Dunia berjumlah 40 negara.

Kepastian itu pula akan mengubah setidak nya dalam beberapa hal, salah satu nya adalah jatah dari setiap benua yang berhak mendapat tiket menuju putaran final Piala Dunia. Dimana konfederasi Eropa akan mendapatkan 16 jatah lolos langsung, Afrika menjadi sembilan, Asia delapan, CONCACAF dan CONMEBOL masing-masing enam, sementara Oseania hanya satu.

Meski demikian, ada juga yang tetap bertahan sesuai pada konsep nya dimana negara yang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia sudah pasti lolos ke putaran final. Total tiket otomatis diketahui sebanyak 46 tim, sementara dua sisanya akan diperebutkan melalui turnamen play-off yang diikuti enam tim yang rencananya digelar pada November sebelum babak utama.

Bisa dikatakan bahwa partai play-off baru ini secara langsung menghapus play-off antarkonfederasi yang biasanya diterapkan pada edisi-edisi sebelumnya. Dan pada akhir nya adalah ketika play-off terbaru ini akan menghadrikan enam tim dari tiap konfederasi, kecuali Eropa, bakal saling menjatuhkan.

Dan Piala Dunia 2018 mendatang akan tetap seperti biasa, dengan diisi 32 negara dan di pargelaran selanjutnya FIFA akan memulai gebrakan baru tersebut sebagaimana rencana ini sudah lama di perbincangkan.

Terlepas dari itu semua, dukungan serta masukan datang dari berbagai pihak. Disini terlihat banyak yang mendukung gagasan baru FIFA dan percaya bahwa Piala Dunia akan menciptakan keharmonisan baru dengan bertambah nya tim baru yang akan menjadi 48 tim.