Ferguson Percaya Dominasi Spanyol Akan Runtuh Seiring Waktu

Mantan pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson memiliki harapan besar jika dominasi klub-klub Spanyol di pentas Eropa segera berakhir sebagaimana kondisi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sudah dimakan usia.

Dalam lima dekade terakhir, klub-klub La Liga Spanyol macam Real Madrid dan Barcelona saling bergantian menjadi juara Liga Champions. Tak berhenti sampai disitu saja, ada nama Sevilla yang mencetak sejarah baru dengan tiga kali juara Liga Europa dan di musim 2016/17 ini klub Spanyol sudah memastikan diri lolos ke babak perempat final Liga Champions.

Meski demikian, Ferguson meyakini jika keperkasaan klub Spanyol akan hilang seiring nya waktu. Dan klub dari luar Spanyol siap menggantikan posisi mereka di pentas Eropa.

“Menurut saya kesuksesan itu hanya masalah waktu, ada masa nya di masa kesuksesan itu akan runtuh,” kata pembukan Ferguson kepada awak media.

“Jika Anda berpikir tentang era 1990-an, ada AC Milan mendominasi. Pada 1970-an ada Ajax dan Bayern Muchen. Di 1980; Liverpool. Di 1990-an; Italia, AC Milan. Lalu Inggris mengalami periode bagus dengan tiga tim di semi-final sekitar enam tahun lalu. Kami [Man United] berada di tiga final dalam empat tahun,”

“Sekarang muncul nama klub Spanyol yang terlalu lama menguasai. Tak perlu mempertanyakan itu. Pertanyaan yang sama bisa ditanyakan tentang mengapa tim-tim Jerman, mengapa Bayern Munich tidak memenangi Liga Champions? Mengapa tim Italia tidak memenanginya? Mengapa Prancis tidak memenangkannya? Dan mengapa Inggris tidak memenangkannya?,”

“Jawaban nya sederhana, sekarang tiba waktu nya bagi Spanyol untuk mendominasi. Mereka yang terbaik, dan itu sebabnya mereka memenangkannya. Tapi itu akan berubah. Anda tahu, Cristiano Ronaldo akan dihukum usia, Lionel Messi akan akan mengikuti. Pertanyaan balik untuk Anda, apakah mereka akan bisa menggantikan kedua sosok itu. Biarlah waktu yang menjawab semua ini.” tandasnya.