Ernesto Valverde, Antara Menang dan Kalah di San Mames yang Mematikan

Ernesto Valverde memiliki tantangan kala menjadi pemimpin Barcelona berlaga dengan Athletic Bilbao di peghujung minggu ini. Dia selalu gagal mencatatkan kemenangan kala berhadapan dengan Bilbao.

Barcelona bersiap menjalani laga tandang ke Athletic Bilbao, pada Minggu (29/10/2017) dinihari WIB, dalam fokus mereka menjaga posisi klasemen di Liga Spanyol musim. Barca masih mempertahankan gelar tak terkalahkan dan sekarang ini sudah membukukan 25 poin, lebih banyak empat poin dari Valencia di bawahnya.

Akan tetapi, terdapat tantangan untuk Ernesto Valverde dalam laga Liga Spanyol ini. Selama menjadi pemain serta pelatih, dia selalu gagal menang kala berlaga di San Mames, untuk di stadion yang lama atau yang baru.

Dari delapan laga menuju kandang Bilbao, Valverde merasakan tujuh kegagalan dan sekali seri. Ketika masih sebagai pemain Espanyol, pelatih 53 tahun tersebut gagal dengan skor 1-2 di liga musim 1986-1987 dan gagal kembali dengan skor 0-2 di musim selanjutnya. Kekalahan tersebut kembali terjadi kala dia gabung ke Barca, dengan skor 2-3 di musim 1988-1989.

Hasil buruk terus dia peroleh sejak menjadi pelatih. Kala bersama Espanyol, dia tiga kali bermain ke Bilbao. Dengan hasil pertam gagal, 1-2 pada Liga Spanyol 2006-2007. Valverde sempat bermain dengan seri 1-1 di laga awal 16 besar Copa del Rey 2007 lalu, namun kembali gagal dengan skor 4-5 dalam adu penalti.

Espanyol kembali kalah kala berhadapan dengan Bilbao di liga musim yang sama, dengan skor 0-1. Hingga kemudian gabung ke Villarreal dan Valencia, hasil buruk masih dia rasakan. Kegagalan dengan skor 2-3 dengan Villarreal di San Mames terjadi di tahun 2009, lalu 0-1 pada musim 2012-2013.

Nah, saat ini apakah Ernesto Valverde akan kembali gagal memputus kutukan tersebut. dapatkan dia membawa Barcelona meraih kemenangan di kandang Athletic Bilbao ?