Enam Pemain City Yang Berkembang Era Guardiola

kevin de bruynePep Guardiola membawa Manchester City bersaing lagi di papan atas klasemen usai musim lalu gagal mendapatkan satu pun trofi.

Di tiap musim sebelum menukangi City, Guardiola selalu sukses menyumbangkan trofi bagi tiap tim yang dia latih. Sebelum musim lalu, Guardiola baru satu kali gagal menjuarai titel domestik.

Walau gagal total pada muusim pertamanya, tapi musim ini dia berhasil meningkatkan penampilan anak asuhnya sehingga mereka meraup hasil mentereng di atas lapangan.

Semenjak dia datang, sejumlah masalah yang muncul dalam skuat berhasil dia perbaiki. Beberapa pemain pun berhasil bersinar di bawah arahannya.

1. Kevin De Bruyne

De Bruyne telah menjelma sebagai pemain top untuk Manchester City, pemain serang atau winger itu mambu membuat banyak kans dan juga gol. Guardiola menempatkan posisi De Bruyne ke habitat terbaiknya yaitu gelandang lebih dalam atau ‘Free 8’.

2. Fernandinho

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini mengalami peningkatan performa di era kepelatihan Guardiola. Kini ia lebih memberi dampak positif dari posisi pivot, menggerakkan bola lebih cepat dari biasanya.

3. David Silva

Tak diragukan lagi salah ia satu dari pemain terbaik yang dimiliki The Citizens. Walau usianya mulai menua, akan tetapi pesepakbola Spanyol menunjukkan peningkatan luar biasa. Seperti De Bruyne, Silva kini bermain lebih leluasa dari sisi ke sisi.

4. Raheem Sterling

MUlanya Sterling mengalami kesulitan di bawah Manuel Pellegrini dan kemudian Guardiola, diakibatkan oleh besarnya ekspetasi atas banderolnya yang mahal atau lain-lain. Walau begitu, bersama Guardiola Sterling menemukan kembali ketajaman dan sejauh ini tampil impresif.

5. Leroy Sane

Perkembangan Sane sebagai winger lincah mulai terasa lagi semenjak Guardiola datang. Guardiola dengan bijak menahan pemain barunya ini untuk tak dibebani banyak tekanan selama enam bulan pertama. Setelah beradaptasi, ia tak butuh waktu lama unjuk gigi.

6. John Stones

Stones dengan cepat menjadi tumpuan di barisan belakang oleh pelatih berpaspor Spanyol. Tercatat eks pemain Everton ini punya tingkat akurasi passing 97 persen sepanjang penampilannya di Premier League.