Empat Kiper yang Pantas Menjadi Pelapis Courtois di Chelsea

Juara Liga Primer Inggris 2016/17, Chelsea sudah dipastikan akan ditinggal Asmir Begovic. Situasi ini jelas akan mengganggu persiapan mereka dalam menghadapi kerasnya musim depan dalam dua kompetisi yang berbeda mulai dari Premier League hingga ke Liga Champions.

Sejatinya keinginan Begovic meninggalkan Chelsea sudah terjadi dalam dua musim terakhir, namun sulitnya jalan Chelsea mencari kiper pengganti harus memaksakan Begovic bertahan lebih lama. Kini masalah yang sama harus ditanggung Chelsea dengan mencari kiper yang tepat untuk pelapis Thibaut Courtois.

Chelsea pun sebenarnya tak benar-benar kekurangan stok kiper, ada nama Eduardo yang memiliki pengalaman internasional. Namun diposisi akhirnya, Antonio Conte masing ingin mencari kiper baru agar skema skuat yang ada tidak berubah secara mendalam.

Berikut kami sajikan empat calon pengganti Begovic sebagai kiper pelapis Courtois dibawah mistar Chelsea musim depan :

1. Alphonse Areola

Areola, 24 tahun ini sudah membuat 27 penampilan di semua ajang kompetisi untuk PSG tapi dia sekarang berada di belakang Kevin Trapp. Situasi ini pun mengundang Chelsea untuk mendekati sang kiper dan menganggap Areola sebagai sosok yang pantas menjadi pesaing Courtois dibawah mistar tim utama.

Areola sudah menjalani 15 pertandingan yang baik, dengan meninggalkan enam cleansheet. Sebelum musim 2016/17 bergulir, pemain Prancis itu sempat dipinjamkan ke Lens, Bastia dan Villarreal.

Peminjamannya ke Villarreal cukup membuat Chelsea yakin karena sang kiper bermain sangat apik, pertanyaannya adalah ketika Areola tidak ingin menjadi kiper pelapis PSG. Dan jika menerima pinangan Chelsea, maka Areola harus siap kembali menjadi penghias bangku cadangan.

2. James Butland

Chelsea sukses mendatangkan Bogovic dari Stoke City, kini datang opsi baru dengan klub yang sama perihal ketertarikan mereka terhadap Butland. Ketertarikan ini disanyalir dari rekomendasi Begovic yang diketahui mengenal dekat dengan sosok kiper Stoke tersebut.

Butland sendiri telah menjadi incaran klub besar Premier League macam Manchester United, Manchester City dan Arsenal. Meski sempat menjalani musim yang kurang sempurna karena cedera, namun kembalinya Butland diakhir musim kembali membuat ketertarikan klub tersebut.

Butland, 24 tahun itu sempat membuat lima penampilan untuk Stoke pada akhir musim. Diajang Internasional, sang kiper sudah mencatatkan empat caps di timnas Inggris, Butland punya pengalaman meski masih muda dan menjadi pilihan yang aman ketika Courtois tidak bermain.

3. David Stockdale

Stockdale, 31 tahun merupakan opsi hemat untuk Chelsea. Bagaimana tidak, Conte bersama Chelsea akan mendapatkan sang kiper dengan harga murah perihak statusnya dengan pihak klub pemilik akan segera berakhir.

David merupakan kiper utama dari tim promosi, Brighton dan Hove Albion, David diketahui telah menolak perpanjangan kontrak baru yang ditawarkan oleh klub. Kini masa depan David masih tanda tanya besar.

Perjalanan karir David dikancah Premier League tak bisa diragukan, terbukti sang kiper sempat menjalani karir yang cukup baik di London Barat dengan bergabung bersama Fulham sepanjang musim 2008/09 dan 2013/14.

Ketertarikan Chelsea terhadap David sebenarnya sudah terjadi sejak lama, ini terlihat ketika pihak Chelsea menayakan status sang kiper pada bulan Januari kemarin. Hal ini mereka siapkan untuk menggantikan Begovic yang sudah tak tahan ingin meninggalkan Chelsea.

Meski ada wacana ingin kembali ke tim kampung halaman, Leed United. Bergabung dengan Chelsea adalah langkah terbaik David, hal ini terlihat ketika dirinya akan bermain bersama dengan salah satu tim terbaik Dunia. Kesempatan pun sangat terbuka karena Chelsea akan bermain didua kompetisi besar macam Premier Leagua dan Liga Champions.

4. Sergio Asenjo

Asenjo muncul sebagai kiper yang belum dikabarkan adanya ketertarikan dari Chelsea, namun sosoknya akan sangat cocok untuk dijadikan kiper pelapis Courtois. Mengingat Villarreal sedang bernegosiasi dengan Porto untuk memperpanjang masa bakti Andres Fernandez di Estadio de la Ceramica, Asenjo mungkin bisa didapatkan dengan harga murah.

Asenjo mungkin akan keluar sebagai kiper terbaik Spanyol andai cedera tak datang menghampirinya. Catatan baiknya terjadi pada ajang Internasional, dimana Asenjo akhirnya menjalani debut bersama timnas Spanyol pada bulan Januari kemarin.

Catatan ini sedikitnya akan menarik perhatian Chelsea, namun yang harus diperhatikan adalah cedera yang sering kali menghampiri Asenjo. Bisa diartikan bahwa Chelsea akan benar-benar berpikir sebelum memutuskan untuk mendatangkan sang kiper ke London musim depan.