Efek Domino Kepergian Luis Enrique Dari Barcelona Untuk Athletic Bilbao

Luis Enirque Domino effect, Luis Enrique Barcelona, Luis Enrique, Barcelona, Ernesto Valverde Barcelona, Ernesto Valverde, La liga, liga Spanyol
Efek Domino Luis Enirque

Telah diketahui bahwa saat ini Luis Enrique tidak akan melanjutkan sebagai pelatih Barcelona lagi, setelah Ia mengasuh raksasa Liga Spanyol yaitu Bacelona. Masa baktinya memang habis pada musim ini dan sebenarnya prestasi yang Ia raih selama kepelatihannya tak buruk, bahkan sempat memboyong piala di tiap musimnya.

Namun ternyata kepergiannya dari Bacelona membuat efek domino yang akan berdampak langsung diseputaran Liga Spanyol tersebut. Dalam hal ini Ia akan memulai kekosongan kepelatihan di kubunya dan membuat pergesaran jajaran kepelatihan di klub lainnya.

Dikabarkan bahwa yang akan menggantikannya untuk beberapa musim kedepan di Barcelona adalah mantan pelatih Athletic Club Bilbao yaitu Ernesto Valverde.

Memang belum lama ini telah diketahui bahwa sang pelatih telah angkat koper dari San Mames, tak melanjutkan kerja samanya dengan Athletic karena masa baktinya juga habis. Walaupun Ia hanya mampu menghantarkan timnya keperingkat ketujuh klasemen dan tak berhasil membawa mereka menuju kompetisi Eropa dimusim depan, namun klubnya sama sekali tak ada keinginan untuknya pergi dan ingin tetap mengarungi La Liga bersama.

Hanya saja dikabarkan bahwa dirinya dipandang sebagai orang yang tepat menggantikan Enrique bahkan Ia sudah ditetapkan untuk melanjutkan kinerja dari mantan pelatih Barcelona tersebu tdan. walaupun ia sempat terus menyangkal bahwa ia telah menerima tawaran apapun.

“Saya tidak akan menyangkal bahwa agen saya telah mengatakan kepada saya, bahwa ada klub yang tertarik pada saya namun hingga saat ini saya belumĀ  memiliki komitmen atau kesepakatan dengan tim manapun,” katanya.

“Sekarang saya siap untuk bertualang lagi dan petualangan itu akan sulit.”

Sementara disisi lain, Athletic yang memiliki kekosongan posisi pelatih utama, harus mencari pengganti Valverde. Mereka pun dikabarkan tidak harus pergi jauh untuk mencari penggantinya, dan mempromosikan Jose Angel Ziganda yang sebelumnya telah melatih tim muda klub tersebut.

Dia telah melatih tim muda selama enam tahun lamanya dan pada hari Rabu kemarin Ia telah menandatangani kontrak selama dua tahun untuk melatih tim senior. Ia pun sangat tertarik dengan apa yang bisa lakukan dan menrapkan ilmunya ke tim utama.

“Kami memiliki tim kuat yang bisa melakukan beberapa hal yang sangat menarik ke depan, itulah yang kami harapkan bisa ditunjukkan pada musim depan,” kata Ziganda.

Dengan demikian Athletic Bilabo hanya perlu mencari pengganti pelatih untuk tim mudanya saja untuk musim depan.