Dortmund Disaingi Liverpool Untuk Merekrut Bek Muda Basel, Manuel Akanji

Manuel Akanji, Borussia Dortmund, Liverpool
Manuel Akanji menuju Dortmund atau Liverpool?

 

Diketahui bahwa Borussia Dortmund sedang mengincar Manuel Akanji, pemain berk tengah dari FC Basel yang bermain di Swiss Super League. Namun kini mereka pesaing baru dimana Liverpool telah siap berkompetisi seperti yang diungkapkan media The Independent.

Memang pemain berusia 22 tahun tersebut tampil sebagai salah satu pemain muda paling menjanjikan di Swiss dalam 12 bulan terakhir setelah menjadi andalan dalam pertahanan jawara liga Swis musim lalu. Mereka juga sempat mengalahkan Manchester United pada bulan lalu, yang membantu mereka membayang-bayangi kubu setan merah dalam babak kualifikasi Liga Champions dan berhasil mendapatkan tiket menuju 16 besar.

Salah satu fakor utamanya adalah kecemerlangan dilini belakang mereka termsuk keberadaan Akanji di lini belakang. Namun tampilan memukaunya membuat pemain Swiss miliknya diincar oleh beberapa klub papan atas seperti Liverpool dan Dortmund. Dimana saat ini kedua kubu tersebut menghadapi kritik berat karena pertahanan mereka.

Michael Zorc, selaku direktur olahraga Dortmund, telah mengidentifikasi Akanji sebagai seseorang yang memiliki jangkauan untuk pertahanan yang lebih luas, saat pemain lain menyerang. Bahkan dia telah bertemu dengan perwakilan Basel, setidaknya dalam tiga kesempatan untuk dapat memboyongnya pada bursa transfer bulan Januari mendatang.

Liverpool juga tertarik dan membuka ide tentang peralihannya ke Merseyside dimana klub tersebut mencoba mengeksplorasi pilihan defensif mereka sejak musim panas lalu, saat perpindahan Virgil van Dijk dari Southampton gagal. Dan kemungkinan untuk dapat menghangatkan keinginannya tersebut sepertinya akan sulit.

Klopp saat ini masih ia memiliki kepercayaan pada Dejan Lovren, Joel Matip dan Ragnar Klavan, namun diketahui bahwa Liverpool memerlukan bek tengah terutama dengan masalah yang sering terjadi dengan kendala ketersediaan di posisis tersebut. Contohnya pada awal bulan ini, Klopp terpaksa memainkan Emre Can dan Georginio Wijnaldum sebagai pemian bertahan darurat dalam kemenangan menghadapi Brighton.

Namun setelah menandatangani kontrak untuk Basel pada tahun 2015, Akanji telah rutin hadir disetiap permainan di musim ini dan ia pun terikat kontrak sampai 2021 mendatang. Pemain asal Swiss tersebut juga melakukan debut untuk tim nasional pada bulan Juni lalu dan tampil di kedua pertandingan kandan dan tandang saat menghadapi Irlandia Utara dan meraih kemenangan di kualifikasi Piala Dunia Swiss.