Deulofeu Mampu Tampil Apik Dalam Pertandingan Perdana Di La Liga 2017-18

Gerard Deulofeu, Barcelona vs Real Betis, La liga, Liga Spanyol
Antonio Barragan – Gerard Deulofeu

 

Barcelona menjalani pertandingan perdana mereka di kompetisi La Liga menghadapi Real Betis, pada pagi dini hari tadi pukul 01.15 WIB. Namun walaupun mereka bertanding di mereka sendiri, Stadion Camp Nou  tidak terisi penuh. Hal ini dikarenakan sebelum laga, kota mereka berada di titik terendah dalam waktu yang lama karena terjadi teror yang telah berusaha menghancurkan semangat orang-orang disana. Dan seperti yang biasa sering terjadi, sepak bola mampu menyatukan kembali orang-orang kota tersebut, yang sering dibagi dengan loyalitas mereka ke berbagai klub.

FC Barcelona telah mengumumkan sebelum pertandingan bahwa Jersey para pemain akan membawa nama kota tersebut sebagai penghormatan kepada semua pihak yang terkena dampak serangan. Itulah mengapa sebabnya dalam laga tak ada nama mereka dibagian punggung.

Disisi lain, mereka yang hadir di dalam stadion juga mengirim pesan yang jelas tentang kejadian tersebut dan membentangkan sebuah spanduk bertuliskan “Tidak ada yang bisa menghancurkan kita” sambil membunyikan nyanyian “kita tidak takut” sepanjang pertandingan. Pada akhirnya, pesannya jelas, #TotSomBarcelona – Kita semua adalah Barcelona.

Beralih menuju pertandingan dimana sebagian besar pembicaraan pra-musim mengenai Barcelona telah mengggema dengan langkah kontroversial Neymar menuju PSG. Padahal transfer tersebut akan membuat Barcelona sangat kekurangan kualitas dalam serangan, sementara disisi lain Ernesto Valverde juga sangat membutuhkan perbaikan di sektor lain.

Setelah kepergian pemain Brasil, satu-satunya pilihan yang diakui untuk mengambil tempat di sisi kiri serangan adalah Arda Turan, Denis Suarez dan Gerard Deulofeu. Namun, tak ada satu pun dari pemain ini yang memberi banyak harapan pada 2017-18, apalagi setelah pertandingan dua leg di Super Cup Spanyol melawan Real Madrid.

Cedera lutut dari Luis Suarez juga memperdalam masalah Valverde dan Barcelona diyakini tidak akan mengawali pertandingan dengan cara terbaik. Kepindahan Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele juga masih belum jelas, dan akhirnya Deulofeu merupakan orang yang dipilih untuk menemani Lionel Messi dalam serangan pada hari Senin pagi tadi.

Namun ternyata pemain asal Spanyol itu membuat kesan dalam perekrutan keduanya untuk Blaugrana. Pemain tersebut berpadu baik dengan rekan senegaranya, Nelson Semedo di sisi kanan, sementara pada saat yang sama, Ia mampu menghubungkannya dengan Messi di depan dengan mudah.

Lebih penting lagi, Deulofeu telah membuat dua kontribusi signifikan untuk gol pertandingan tersebut. Gol pertama saat ia ingin memberikan umpan silang, namun mampu dibelokkan oleh Alin Tosca yang ternyata mengarah gawangnya sendiri. Sedangkan gol kedua ia epaskan saat memberi umpan untuk Sergi Roberto untuk mencetak gol pertamanya di La Liga

Walaupun telah menmiliki kontribusi yang nyata, namun masih ada kekhawatiran atas konsistensinya, dan Deulofeu akan mendapatkan sorotan dalam waktu lama hingga akhir kompetisi. Setidaknya debut liga keduanya telah memberikan indikasi bahwa pemain berusia 23 tahun tersebut bisa menjadi cadangan yang mumpuni jika Barcelona berhasil dalam mengejar target mereka.