Deretan Kiper Muda Potensial di Eropa

loris kariusEra moderen ini sosok kiper dalam dunia sepakbola sudah berubah secara signifikan. Dari yang hanya sekadar menjaga gawang, hingga kini menentukan aliran bola.

Beberapa kiper di bawah ini bisa dikatakan memiliki kualitas yang sangat potensial. Disamping muda, mereka memiliki kemampuan jadi mengkomandoi serangan.

Tidak salah bila memasukkan mereka ke daftar kiper muda paling berharga di dunia. Berikut ini deretan kiper potensial di Eropa.

1. Loris Karius – 8 juta euro

Direkrot oleh Liverpool dari FC Mainz di awal musim, Loris Karius yang usianya masih 23 tahun diprediksi bakal segera menggusur posisi kiper utama milik Simon Mignolet.

Walaupun ia jarang dimainkan oleh Klopp ia masih memiliki banyak waktu untuk unjuk kemampuan. Dari 16 laga yang ia lakoni bersama The Reds, Karius mencatat enam celan sheet.

2. Timo Horn – 10 juta euro

Musim yang luar biasa untuk FC Koln dimana mereka mampu mengejutkan tim besar seperti Bayern Munich dan Borussia Dortmund musim ini sehingga orang-orang mulai membicarakan soal skuat dan manajer Koln.

Salah satu nama yang cukup menonjol ialah penjaga gawang belianya, Timo Horn. Kiper Jerman berusia 23 tahun itu punya fisik kuat dan responsivitas di atas rata-rata. Ia pun digadang-gadang bakal menjadi penerus Manuel Neuer.

3. Ederson – 12 juta euro

Ederson adalah salah satu nama yang diincar oleh Pep Guardiola pada bursa transfer musim panas mendatang. Kiper internasional BRasil tersebut jadi perbincangan setelah bersinar bersama klubnya saat ini, Benfica.

Ia dikait-kaitkan dengan transfer ke sejumlah raksasa Eropa yakni Manchester City, Barcelona dan Bayern Munich dalam beberapa waktu belakangan. Dalam 36 laga musim ini, Ederson 22 kali membuat clean sheet.

4. Sergio Rico – 20 juta euro

Musim 2016-2017 jadi musim yang gemilang untuk Sevilla di era kepelatihan Jorge Sampaoli. Buktinya mereka mampu berbicara banyak di ajang La Liga. Salah satu faktor keberhasilan mereka ialah pertahanan solid. Satu orang yang layak mendapat kredit adalah kiper berusia 23 tahun asal Spanyol, Sergio Rico.

17 kali tak kebobolan dalam 43 penampilan untuk klub, Rico merupakan salah satu kiper muda terbaik di Eropa.