Del Bosque : Spanyol Akan Menang Tapi Akan Sulit

Vicente del Bosque

Manajer tim nasional Spanyol, Vicente del Bosque, mengatakan bahwa skuadnya masih jadi unggulan kuat menjadi juara di Piala Eropa 2016 mendatang. Akan tetapi, Del Bosque mengatakan bahwa langkah Spanyol tidak bakal mudah.

Usai melakoni Piala Dunia 2014 dengan jelek yakni tersisih langsung di fase grup, Spanyol akan berhadapan dengan kompetisi besar lainnya bulan ini. Mereka mesti bermain di Piala Eropa di Prancis.

Tak ada yang berbeda dari dua tahun silam, Spanyol datang ke kompetisi ini dengan status juara bertahan. La Furia Roja merupakan penguasanya selama dua edisi belakangan, 2008 dan 2012.

Status ini, dikatakan Del Bosque, menjadikan Spanyol salah satu unggulan juara di ajang ini. Mempertahankan dominasi di Piala Eropa pun merupakan target La Furia Roja.

Walau begitu, Del Bosque menyebutkan bahwa langkah itu tak bakal mudah dikarenakan tim-tim lawan sekarang lebih kuat seperti Jerman, tuan rumah Prancis, dan Belgia yang menjadi kekuatan baru di dunia akhir-akhir ini.

“Kami merupakan tim unggulan dalam raih kemenangan Piala Eropa sebab kami adalah juara bertahan empat tahun silam,” kata Del Bosque.

“Memang terdapat tim lawan lainnya namun misi kami ialah meriah juara lagi,” lanjutnya.

Spanyol tergabung dalam Grup D bersama Republik Ceko, Kroasia, dan Turki. Partai pertama mereka yaitu berhadapan dengan Ceko pada 13 Juni nanti.

Usai menundukkan Bosnia Herzegovina (3-1) dan Korea Selatan (6-1), Spanyol masih memiliki satu sisa pertandingan persahabatan, yaitu kontra Georgia 7 Juni nanti.

“Kami kian membaik akhir-akhir ini dan saya menilai kami tengah berada di kondisi yang bagus. Kami telah siap menjalani turnamen ini,” tandasnya.