Debut di Barcelona, Ousmane Dembele Ciptakan Assist

Ousmane Dembele baru saja melaksanakan debutnya di Barcelona. Ia memulai debutnya dengan menciptakan assist yang diperlihatkan dalam laga derby kemarin.

Hengkangnya Neymar ke Paris Saint-Germain di musim ini menjadikan Barcelona memilih Ousmane Dembele sebagai pemain yang pantas menggantikannya. Setelah dibeli dari Borussia Dortmund dengan nilai 105 juta euro, ditambah 40 juta euro, pemain ini pun mendapat nomor punggung 11 yang sebelumnya digunakan Ney.

Debutnya bersama Blaugrana lalu dilaksanakan dengan baik oleh pemain dari Prancis tersebut walau dirinya merupakan pemain cadangan dalam laga kontra Espanyol, pada Minggu (10/9/2017) dini hari WIB. Sebuah derby Catalan yang mempertemukan mereka dengan Real Madrid.

Di depan penonton Camp Nou, Dembele masuk menjadi pemain cadangan yang menggantikan posisi Gerard Deulofeu di menit ke-68 saat Barca dengan skor 3-0. Pada menit-menit akhir laga, sebuah umpan darinya menuju gawang dimainkan Luis Suarez dan menutup laga dengan pesta gol 5-0. Dembele menciptakan assist.

” Kami memiliki harapan yang tinggi pada Dembele, namun gagasan kami yakni menampilkannya secara pelan-pelan dengan tiap laga kami. Para pemain yang lain harus menolongnya dan memberikan bantuan demi kemajuannya, ” papar pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Dalam debutnya tersebut, Dembele mencatatkan 22 menit laganya dengan 11 kali permainan bola dengan lima menciptakan operan yang baik. Salah satu pemain Espanyol yakni Aaron hingga mendapat kartu kuning karena menyerang dirinya.

Selama musim yang lalu saja bersama Borussia Dortmund, Ousmane Dembele mencatatkan 21 assist yakni 13 di Bundesliga, 6 untuk Liga Champions, serta dua di DFB-Pokal ketika mendapatkan predikat Rookie Terbaik di Bundesliga. Untuk Barcelona, ia juga membuktikan dapat memulai dengan perolehan sebuah assist.