De Kuip, Stadion Kebanggaan Feyenoord

De Kuip, Stadion Kebanggaan Feyenoord
De Kuip, Stadion Kebanggaan Feyenoord

Eredivisie adalah kompetisi sepakbola tertinggi di Belanda. Salah satu tim yang berlaga di kompetisi ini adalah Feyenoord. Musim ini, Feyenoord berada di posisi ketiga di bawah Ajax Amsterdam dan Heracles. Dapat dikatakan, musim ini Feyenoord mengawali musim yang cukup baik dengan berada di posisi ketiga klasemen sementara.

Feyenoord adalah sebuah klub yang bermarkas di Rotterdam, Belanda. Klub ini memiliki sebuah stadion yang terkenal dengan sebutan De Kuip. Stadion ini dikenal juga dengan nama Stadion Feijenoord.

Stadion Feijenoord merupakan stadion di Rotterdam, Belanda yang pembangunannya selesai pada tahun 1937. Nama stadion tersebut berasal dari sebuah daerah Feijenoord yang berada di Rotterdam. Nama Feijenoord juga merupakan nama awal dari klub tersebut. Namun nama klub tersebut berubah menjadi Feyenoord pada tahun 1973.

Stadion kebanggaan Feyenoord ini memiliki kapasitas awal sebesar 64 ribu penonton. Pada tahun 1949, terjadi renovasi dan kapasitasnya menjadi 69 ribu kursi. Namun, stadion tersebut juga kembali mengalami renovasi pada tahun 1994. Kini, kapasitas stadion tersebut hanya sebesar 51.117 kursi saja.

Gagasan membangun stadon ini datang dari presiden Feyenoord, Leen van Zandvliet, pada tahun 1930-an. Ia ingin membangun stadion yang baru dan sama sekali berbeda dengan stadion lainnya. Nama desainer yang terpilih untuk merancang desain dari stadion ini adalah Johannes Brinkman dan Leendert van der Vlugt. Keduanya adalah para desainer terkenal dari sebuah perusahaan di Rotterdam.

Kedua desainer diminta untuk merancang stadion yang terbuat dari kaca, beton dan baja. Hasil stadion ini, kini menjadi salah satu contoh stadion-stadion besar yang terkenal saat ini. Seperti Camp Nou.

Pembangunan De Kuip dibiayai oleh seorang miliarder bernama George Daniel van Beuningen. Pada Perang Dunia II, stadion tersebut hampir diruntuhkan oleh penjajah Jerman. Namun setelah berakhirnya perang, deretan fasilitas pun ditambahkan pada stadion ini. Seperti fasilitas atap untuk setiap tempat duduk di stadion, sebuah restoran dan juga sebuah museum bernama The Home of Hystory.

Nama restoran yang berdekatan dengan De Kuip tersebut adalah Brasserie “De Kuip Eten en Drinken”. Restoran ini didesain cukup sporty dengan nuansa nyaman yang begitu terasa. Setiap malamnya, restoran ini menyediakan makanan pada sebanyak 180 tamu yang datang. Restoran ini juga kerap kali menjadi tempat untuk pertemuan bisnis. Namun, restoran ini selalu tutup jika Feyenoord melakukan laga kandang di Feijenoord.

Selain restoran dan museum, ada pula Topsportcentrum Rotterdam. Adalah sebuah arena olahraga yang lebih kecil. Tempat ini kerap menjadi tuan rumah berbagai kompetisi olahraga. Seperti kompetisi judo, bola voli serta handball atau bola tangan.

Pada tahun 2006, Feyenoord Rotterdam kembali mengerjakan sebuah proyek untuk stadion baru. Rencananya akan diselesaikan pada tahun 2017 nanti dengan kapasitas sebanyak 85 ribu penonton. Tahun lalu, De Kuip mengalami renovasi kembali dan mengubahnya menjadi stadion berkapasitas hingga mencapai 70 ribu tempat duduk.