Daftar Penyelamatan Nyawa Para Pesepakbola

insiden sepakbolaPara aktor lapangan hijau tidak hanya harus mengantarkan klubnya meraih. Akan tetapi di sisi lain para pemain harus tahu bagaimana cara menyelamatkan nyawa di lapangan.

Persepakbolaan tanah air lagi-lagi dibuat geger oleh berita meninggalnya pemain di atas lapangan. Kali ini yang jadi korban ialah penjaga gawang Persela Lamongan, Choirul Huda, dalam pertandingan Liga 1 versus Semen Padang di Stadion Surajaya, Minggu (15/10/2017) sore WIB kemarin.

Huda mengalami tabrakan di lapangan saat ia tidak sengaja “dihantam” rekan setimnya sendiri ketika akan mengamankan bola di kotak penalti Persela. Tak lama usai insiden tersebut langsung hilang kesadaran.

Walau sempat dilarikan ke rumah sakit setempat, nyawa Huda tidak tertolong hingga menghembuskan nafas terakhirnya di sana. Sepakbola Indonesia lagi-lagi diselimuti duka dan Huda merupakan pesepakbola ke-4 yang menjadi korban.

Kembali buruknya penanganan medis di lapangan merupakan masalah besar dalam persepakbolaan Indonesia. Klub-klub di Indonesia dinilai sudah lalai menyangkut masalah ini yang sejatinya penting menjaga para pemain tersebut.

Lihat saja di ajang profesional di Eropa yang mana kejadian serupa acapkali terjadi akan tetapi setidaknya kehilangan nyawa bisa terhindarkan karena para pemain itu memiliki keahlian dasar untuk melakukan pertolongan pertama pada insiden termasuk bantuan pernapasan (CPR).

Yang pertama kasus Fernando Torres ketika Atletico Madrid berhadapan dengan Deportivo La Coruna Maret 2017 lalu. Ketika itu Torres terjatuh dan kepalanya menghantam keras rumput setelah pertarungan udara.

Lalu Gabi sebagai pemain terdekat langsung menarik lidah Torres supaya rekannya itu bisa mendapat udara segar usai mengalami benturan hebat. Hal ini dilkaukan supaya oksigen mengalir ke otak karena jika tidak bisa berakibat fatal.

Atau masih teringat dalam pikiran anda pada kasus tabrakan hebat yang terjadi antara pemain Reading Stephen Hunt dan kiper Chelsea Petr Cech Oktober 2006 silam. Ketika itu lutut Hunt menabrak kepala Cech. Cech harus menepi lama dan sampai sekarang ia harus bermain memakai pelindung kepala.

Bila saja pemain tahu hal-hal yang wajin dilakukan di lapangan saat hal itu terjadi, bisa saja kejadian insiden Huda, Jumadi Abdi, Akli Fairuz, dan Eri Irianto dahulu mampu diminimalisir.