Costa: Mourinho Berjasa Besar Terhadap Karier Saya

Diego Costa and Jose MourinhoPenyerang Chelsea, Diego Costa mengirimkan pujian untuk pelatih Manchester United Jose Mourinho, menjelang pertemuan antara kedua tim di akhir pekan ini.

Costa adalah pemain yang direkrut oleh Mourinho, yang sempat jadi manajer Chelsea pada periode 2013-2015. Kala itu striker tim nasional Spanyol yang juga berdarah Brasil tersebut didatangkan dari Atletico Madrid atas permintaan langsung dari Mourinho pada awal musim 2014/2015.

Musim debut Costa bersama The Blues pun berjalan dengan sangat cemerlang. Penyerang berusia 28 tahun ini berhasil menjelma menjadi mesin gol di Premier League dengan koleksi 20 gol, membantu The Blues keluar sebagai juara di akhir musim.

Di musim kedua, semua berubah drastis. Chelsea yang saat itu berstatus sebagai juara bertahan, justru berkutat di papan bawah dan kesusahan menjauhi zona degradasi hingga berbuntut pemecatan Mourinho.

Alasan pemecatan Mourinho itu sendiri kabarnya tidak lepas dari peran serta para pemain Chelsea, tidak terkecuali Costa. Tapi Costa menepis anggapan itu menjelang duel MU lawan Chelsea, Minggu (16 April2017) malam WIB. Costa justru memuji Mourinho sebagai sosok yang punya jasa besar dalam kariernya.

Penyerang yang juga sempat memperkuat Rayo Vallecano itu juga mengatakan, Mourinho adalah pelatih terbaik yang pernah bekerja sama dengannya. Costa bersyukur pernah merasakan tangan dingin manajer asal Portugal tersebut.

“Jujur saja, saya selalu bercerita kepada orang-orang bahwa saya bersyukur pernah bermian bersama Jose Mourinho karena dia sangat membantu saya. Sebagai pemain, ketika ingin meningkatkan kemampuan, Anda selalu mencari pelatih terbaik dan Jose Mourinho merupakan salah satu di antaranya,” kata Costa seperti yang dilansir oleh ESPN.

“Saya mau pindah ke Chelsea karena waktu Jose Mourinho yang menghubungi saya secara langsung. Ketika saya memikirkan kemungkinan untuk pindah ke Chelsea, saya berpikir mengenai fakta bahwa Jose Mourinho adalah pelatih di sana.”

“Jose adalah pelatih mengharapkan semua pemainnya bermain optimal. Jose banyak membantu saya dan musim lalu semua berjalan kurang baik, ini memang kerap terjadi. Kenyataannya, Jose berjasa besar karena bisa membuat saya menjadi seperti sekarang ini,” sebutnya.